SAS Buka Bimtek Renstra dan Renja SKPD Kota Tomohon 2016

Reporter : | 02 Mar, 2016 - 7:45 am WITA

Bimtek Penyusunan Renstra dan Renja Kota Tomohon 2016

Bimtek Penyusunan Renstra dan Renja Kota Tomohon 2016

TOMOHON, (mandotoday.co.id)–Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan (SAS) atas nama Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak Senin membuka kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Kerja (Renja) Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Kota Tomohon Tahun 2016 di Mercure Manado Tateli Beach Resort .

Saat membuka kegiatan ini Sompotan mengatakan penyusunan Renstra dan Renja SKPD merupakan amanat Undang-Undang Nomor
25 Tahun 2004 tentang System Perencanaan Pembangunan Nasional dan juknis pelaksanaannya melalui Permendagri nomor 54 tahun 2010 tentangpelaksanaan peraturan pemerintah nomor 8 tahun 2008 tentang tahapan, tatacara penyusunan, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah serta ketentuan lainnya yang mengikat.

‘’Diharapkan ini akan meningkatkan kualitas penyusunan dokumen-dokumen perencanaan secara keseluruhan baik yang berada di tingkat SKPD yakni Renstra dan Renja maupun di tingkat kota yaitu RKPD dan RPJMD Tahun 2016-2021 yang tujuan akhirnya akan mewujudkan visi dan misi Walikota dan  Wakil Walikota Tomohon terpilih,’’ kata SAS.

Bimtek itu juga dimaksudkan meningkatkan kualitas dan kapasitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menyusun dokumen perencanaan SKPD yakni Renstra dan Renja. ‘’Tujuannya adalah memberikan dan meningkatkan pemahaman ASN terhadap dokumen Renstra dan Renja SKPD baik dalam tahapan, tatacara penyusunan dan evaluasinya agar dokumen yang telah disusun nantinya akan sesuai dengan aturan dan petunjuk pelaksanaannya,’’ ujar wakil walikota.

Wakil Walikota Tomohon SAS memasnag tanda peserta Bimtek secara simbolis

Wakil Walikota Tomohon SAS memasnag tanda peserta Bimtek secara simbolis

Semua SKPD diminta agar mengacu pada Visi dan Misi Kota Tomohon untuk lima tahun ke depan dengan prioritas yang telah ditetapkan seperti prioritas Provinsi Sulawesi Utara dan sembilan agenda prioritas pembangunan Nasional (Nawacita) dan menjabarkannya ke dalam
program dan kegiatan yang sesuai dengan kewenangan yang melekat pada SKPD.

Selain itu kepada semua kepala SKPD dan peserta untuk dapat mengikuti bimtek ini secara keseluruhan agar setiap SKPD dapat menyusun Renstra dan Renja sesuai kewenangan setiap SKPD dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku demi terwujudnya visi misi tersebut.

Kegiatan  diikuti oleh 107 peserta yang mewakili seluruh SKPD yang ada di Kota Tomohon yang terdiri dari 38 SKPD diantaranya Sekretariat Daerah yang mengirim utusan terbanyak yakni 26 peserta bersama Dinas, Badan, Kantor yang masing-masing mengutus dua peserta dan tiga peserta untuk SKPD tertentu Dikda, Bappeda dan Inspektorat. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment