Eman Hadiri Rakornas Pilkada di Jakarta

Reporter : | 12 Nov, 2015 - 6:17 pm WITA

Walikota, Jimmy F Eman SE Ak,  FF Lantang SSTP, Pilkada 2015, JAKARTA, (manadotoday.co.id) – Walikota Jimmy F Eman SE Ak Kamis (12/11/2015) didampingi Asisten Ekonomi dan Pembangunan Ronni Lumowa SSos MSi dan Kabag Humas FF Lantang SSTP menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Pemantapan Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah serentak tahun 2015.

Rakornas ini dibuka Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) di Eco Park Taman Impian Jaya Ancol Jakarta, Kamis (12/11/15).

Tema Rakornas kali ini adalah mewujudkan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah yang demokratis.

”Pilkada serentak yang akan digelar harus menjadi momentum demokrasi yang sesuai harapan seluruh rakyat Indonesia. Satu hal yang terpenting dan harus selalu kita ingat ketika menyongsong momen demokrasi lokal ini adalah harapan seluruh rakyat Indonesia. Harapan rakyat agar Pilkada bisa menjadi wahana pemenuhan hak-hak politik rakyat secara langsung, inklusif dan demokratis,” kata Presiden.

Persiapan menghadapi Pilkada serentak katanya, harus dilakukan lebih awal, terutama terkait berbagai aturan mainnya.

“Saya menginstruksikan saudara Menteri Dalam Negeri dan Menteri Hukum dan HAM untuk segera menyiapkan Rancangan Undang-Undang yang mengatur tentang Pemilu Nasional Serentak, agar berbagai instrumen pelaksanaan dapat disiapkan sejak dini oleh KPU dan Bawaslu,” tandas Presiden Jokowi.

Pada kesempatan tersebut Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta agar semua pemerintah daerah memberikan bantuan dan fasilitasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam proses penyelenggaraan pilkada serentak 2015.

Rakornas ini dihadiri oleh Menko Polhukam Luhut Panjaitan, Jaksa Agung HM Prasetyo, Ketua KPU Husni Kamil Malik, Ketua Bawaslu Muhammad, Ketua Mahkamah Konstitusi Arief Hidayat, Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali.

Turut hadir pula Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti, dan Kepala BIN Letnan Jenderal TNI Purn Sutiyoso. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment