Peneliti Temukan Test yang Simpel dan Murah Untuk Kanker Pankreas

Reporter : | 03 Agu, 2015 - 4:40 pm WITA

 Kanker Pankreas, gejala  Kanker Pankreas, test  Kanker Pankreas, kesehatan

(foto: CORBIS)

ManadoToday – Sebuah tes sederhana untuk salah satu kanker paling mematikan di Inggris bisa menyelamatkan ratusan nyawa dalam setahun, para ahli percaya.

Para peneliti di London telah mengidentifikasi tiga protein yang memberikan tanda peringatan dini dan akurat kanker pankreas.

Mereka berpikir penemuan ini dapat menyebabkan tes urine dan non-invasif yang murah untuk menyaring orang yang berisiko terkena penyakit ini.

Kanker pankreas adalah salah satu jenis kanker yang paling mematikan, dengan hanya 3 persen yang masih hidup selama lima tahun, dibandingkan dengan 87 persen untuk kanker payudara dan 98 persen untuk kanker testis.

Penyakit ini menyebabkan sedikit gejala pada tahap awal, sehingga sering tidak terdeteksi sampai kanker sudah terlalu parah untuk diobati.

Dokter menyebut penyakit ini ‘serigala berbulu domba’ karena gejalanya.

Tim di Queen Mary, Universitas London menemukan tiga protein ‘tanda’ dalam urin dapat diidentifikasi sebagai bentuk paling umum dari kanker pankreas ketika masih dalam tahap awal – serta membedakan antara kanker dan kondisi pankreatitis kronis, yang sulit untuk dibedakan.

Jika dikembangkan menjadi tes urine bagi orang-orang yang paling berisiko terkena penyakit ini, bisa memicu pengobatan dini sebelum kanker berkembang terlalu jauh.

Peneliti utama Dr Tatjana Crnogorac-Jurcevic, yang karyanya diterbitkan dalam jurnal Clinical Cancer Research, mengatakan dikutip dari Mail Online, Senin (3/8/2015): “Ini adalah panel biomarker dengan spesifisitas dan sensitivitas yang baik, dan kami berharap ini tes yang sederhana dan murah ini dapat dikembangkan dan digunakan dalam beberapa tahun ke depan. “

Baca Juga :

Leave a comment