FDA Setujui Obat Kanker Kulit yang Baru

Reporter : | 25 Jul, 2015 - 5:18 pm WITA

FDA , Kanker Kulit, Karsinoma Sel Basal

Kulit (foto: pixabay)

ManadoToday – Sebuah obat baru yang ditujukan untuk mengobati bentuk paling umum dari kanker kulit telah disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA).

Odomzo (sonidegib) dapat mengobati Karsinoma Sel Basal pada pasien yang tidak dapat menjalani operasi atau terapi radiasi, atau kanker kulit kembali setelah menjalani operasi atau terapi radiasi.

Kanker kulit adalah jenis yang paling umum dari kanker, dan Karsinoma Sel Basal terjadi pada sekitar 80 persen dari kanker kulit non-melanoma. Kanker kulit tidak akan menyebar ke bagian tubuh lain, tetapi tidak dapat disembuhkan dengan pembedahan atau radiasi.

Odomzo adalah pil yang diminum sekali sehari untuk menekan jalur molekuler yang aktif dalam kanker sel basal, menurut FDA.

Persetujuan obat ini didasarkan pada percobaan klinis pada 66 pasien yang mengambil 200 miligram (mg) dari Odomzo sehari dan 128 pasien yang mengambil 800 mg per hari. Tumor menyusut atau menghilang pada 58 persen pasien dalam kelompok 200 mg. Manfaat ini berlangsung dua bulan sampai hampir 19 bulan, dan enam bulan atau lebih pada sekitar setengah kasus.

Tingkat respons yang serupa terjadi pada pasien dalam kelompok 800 mg, tetapi mereka memiliki tingkat efek samping yang lebih tinggi, kata FDA.

Pada dosis yang lebih rendah, efek samping yang paling umum adalah kejang otot, rambut rontok, masalah rasa, kelelahan, mual, nyeri muskuloskeletal, diare, penurunan berat badan dan nafsu makan menurun. Beberapa orang juga melaporkan nyeri otot, sakit perut, sakit kepala, muntah dan gatal-gatal.

Odomzo juga menimbulkan risiko untuk masalah muskuloskeletal yang serius, termasuk laporan langka kerusakan jaringan otot.

Obat memberi Peringatan pada kemasan tentang risiko kematian janin atau cacat lahir parah jika digunakan oleh wanita hamil. Dokter harus memeriksa apakah wanita hamil atau tidak sebelum meresepkan Odomzo, kata FDA dikutip dari webdm.com.

Baca Juga :

Leave a comment