Kesehatan Mulut dan Hubungannya Dengan Penyakit Lain

Reporter : | 05 Mei, 2015 - 3:41 pm WITA

Kesehatan Mulut, kesehatan mulut, AIDS, Diabetes, Osteoporosis

(Ilustrasi)

ManadoToday – Kesehatan mulut terhubung dengan banyak kondisi kesehatan lain. Kadang-kadang tanda pertama dari penyakit muncul di mulut. Dalam kasus lain, infeksi di mulut, seperti penyakit gusi, dapat menyebabkan masalah di daerah lain dari tubuh. Pelajari lebih lanjut tentang hubungan antar kesehatan mulut dan kesehatan secara keseluruhan.

Mulut biasanya penuh dengan bakteri. Biasanya kita dapat mengontrol bakteri ini jika kita merawat kesehatan mulut dengan baik, seperti menyikat gigi setiap hari. Air liur juga merupakan kunci pertahanan terhadap bakteri dan virus. Ini berisi enzim yang menghancurkan bakteri dengan cara yang berbeda. Tapi bakteri berbahaya kadang-kadang dapat tumbuh di luar kendali dan menyebabkan periodontitis, infeksi gusi serius.

Ketika gusi sehat, bakteri di mulut biasanya tidak memasuki aliran darah. Namun sebaliknya, penyakit gusi dapat memberikan jalan bagi bakteri untuk masuk ke dalam aliran darah. Ada juga obat atau perawatan yang mengurangi aliran air liur atau mengganggu keseimbangan normal bakteri di mulut, sehingga memudahkan bakteri untuk memasuki aliran darah. Beberapa peneliti percaya bahwa bakteri ini dan peradangan yang terjadi di mulut terkait dengan masalah kesehatan lainnya di seluruh tubuh Anda.

Berikut adalah melihat beberapa penyakit dan kondisi yang mungkin terkait dengan kesehatan mulut:

  • Penyakit kardiovaskular: Penelitian menunjukkan bahwa beberapa jenis penyakit kardiovaskular/jantung mungkin berhubungan dengan kesehatan mulut. Ini termasuk penyakit jantung, arteri tersumbat dan stroke. Studi lebih lanjut diperlukan sebelum hubungan ini dapat dikonfirmasikan dengan pasti.
  • Kehamilan dan kelahiran: Penyakit gusi telah dikaitkan dengan kelahiran prematur. Inilah sebabnya mengapa penting untuk menjaga kesehatan mulut yang sangat baik sebelum hamil dan selama kehamilan Anda.
  • Diabetes: Diabetes meningkatkan risiko penyakit gusi, gigi berlubang, mulut kering dan berbagai infeksi oral. Sebaliknya, kesehatan mulut yang buruk dapat membuat kita lebih sulit untuk mengontrol diabetes. Infeksi dapat menyebabkan gula darah meningkat dan memerlukan lebih banyak insulin untuk tetap di bawah kontrol.
  • HIV / AIDS: Masalah oral sangat umum jika anda memiliki HIV / AIDS. Gejala umum termasuk bisul, mulut kering dan lesi mukosa memiliki keterkaitan. Masalah mulut disebabkan oleh salah satu infeksi jamur, virus atau bakteri, dan dalam beberapa kasus, salah satu tanda pertama dari AIDS mungkin adalah infeksi gusi parah. Anda juga dapat mengembangkan bintik-bintik putih yang terus-menerus atau lesi yang tidak biasa di lidah atau di mulut Anda.
  • Osteoporosis: Tahap pertama tulang keropos mungkin muncul pada gigi. Hilangnya kepadatan tulang, termasuk tulang di rahang, dapat menciptakan kondisi di mana tulang pendukung gigi semakin rentan terhadap kerusakan infeksi. Dokter gigi mungkin dapat melihat ini melalui pemeriksaan klinis rutin atau dengan sinar-X.
  • Kondisi lain: Banyak kondisi lain dapat terlihat melalui mulut, ini mungkin termasuk sindrom Sjogren, kanker tertentu, gangguan makan, sifilis, gonore dan penyalahgunaan zat.

Apa yang dapat kita lakukan dengan kesehatan mulut

Cobalah untuk belajar bagaiman menjaga kebersihan mulut setiap hari, menjaga kebersihan mulut adalah hal yang sangat mudah, dari semenjak kecil maupun saat disekolah kita sudah diajarkan bagaimana cara merawat mulut yang benar. Sebelum masalah kesehatan yang lebih serius muncul, lebih baik kita mencegahnya sedini mungkin.

Baca Juga :

Leave a comment