Capai 86.97 Persen, Partisipasi Pemilih Minsel di Pilkada 2020 Tergolong Tinggi

Ketua Sosdiklih Palmas KPU Minsel Maya Sariowan

AMURANG, (manadotoday.co.id) – Bukan hanya sukses menyelenggarakan Pemilihan kepala Daerah (Pilkada) dalam rangka memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) serta Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) pada 9 Desember 2020, namun ternyata jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minsel juga dinilai berhasil dalam mensosialisasikan pesta demokrasi lima tahunan.

Hal ini dibuktikan dengan tingginya partisipasi pemilih pada ajang pesta demokrasi tersebut. Di mana berdasarkan data yang diperoleh jumlah pemilih mencapai 86.97 persen.

“Pencapaian Partisipasi Masyarakat dalam Pemilihan di Kabupaten Minahasa Selatan mencapai 86,97%. Ini merupakan pencapaian yang sangat luar biasa,” ujar Ketua Sosdiklih Palmas KPU Minsel Maya Sarijowan.

Tingginya partisipasi pemilih di Pilakda 9 Desember 2020 yang melampaui target, mengindikasikan bahwa wajib pilih semakin sadar pentingnya memberikan hak politiknya dan penyelenggara Pemilu sukses melakukan sosialisasi.

“Karena itu terimakasih sebesar-besarnya kepada seluruh Jajaran Penyelenggara Pemilihan Serentak Tingkat PPK, PPS, dan jajaran Sekretariat, KPPS dan Petugas Ketertiban TPS serta PPDP yang Telah bersama-sama menyukseskan Pemilihan Serentak Tahun 2020 ini,” kata Sariawan.

“Terimakasih kami Ucapkan Kepada Jajaran Pemerintah Daerah di Tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa/Kelurahan yang telah bersama-sama menyukseskan Pemilihan Serentak Tahun 2020 ini. Terimakasih banyak kami Ucapkan kepada TNI dan POLRI yang sudah bekerja sama dalam Mengamankan Pelaksanaan Pemilihan Serentak Tahun 2020,” tukasnya.

Diketahui jumlah Data Pemilih di Kabupaten Minsel pada Pilkada serentak 2020 yakni 160.908 tersebar di 513 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Sementara jumlah hasil suara berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara tingkat Gubernur Wakil Gubernur Sulaweai Utara yakni, Paslon Calon Nomor Urut 1 Christiany Eugenia Paruntu – Sehan Salim Landjar (CEP-SSL) berhasil memperoleh : 53.026 suara. Paslon Nomor Urut 2 Vonny Aneke Panambunan – Henry Runtuwene 6.749 suara. Sedangkan Calon Nomor Urut 3, Olly Dondokambey-Steven Kandow (OD-SK) meraup suara signifikan sebanyak 81.197.

Untuk Hasil Pleno Rekapitulasi
Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Selatan:
Paslon Nomor Urut 1, Michaela Elsiana Paruntu – Ventje Tuela (MEP-VT) sebanyak 50.269. Paslon Nomor Urut 2, Royke Sondakh – Harits Andre Umboh (Roso-Harum): 15.707. Nomor Urut 3 FDW-PYR, memperoleh suara terbanyak dengan jumlah 74.875 suara. (lou)

Leave A Reply

Your email address will not be published.