Waspada Pesan Hoaks Iming-iming Bansos Rp3,5 Juta di WhatsApp, Ini Faktanya

Waspada Pesan Hoaks Iming-iming Bansos Rp3,5 Juta di WhatsApp, Ini Faktanya

MANADO, (manadotoday.co.id) – Dalam beberapa hari terakhir ini grup WhatsApp kerap kali dibanjiri dengan pesan berantai berkedok bantuan sosial dari BPJS.

Salah satu pesan hoaks tersebut berbunyi:

Mereka yang bekerja antara tahun 2000 dan 2021 berhak menerima bantuan sosial finansial sebesar *Rp 3.550.000*.
Periksa apakah nama Anda ada di daftar untuk menarik manfaat
*Daftar lengkap*
https://whatsprem.club/bank-id

Dikutip dari berbagai sumber, jika link dalam pesan tersebut dibuka akan sangat beresiko karena bisa mencuri data pribadi anda.

Selain itu, akun instagram Grup Nasional Pengembangan Diri Informal (Work Life Balance) Duta milik BPJS Kesehatan @bpjskesehatan_asktheexperts juga memberi peringatan terkait hoaks berantai melalui WhatsApp itu.

Menurut akun instragram tersebut, setelah link dalam pesan tersebut dibuka akan diarahkan ke ‘survey’ abal-abal. Setelah survei selesai diisi akan muncul tombol ‘Bagikan’, dimana jika ditekan terus menerus secara tidak sadar anda akan membagikan pesan hoax tersebut ke sejumlah grup dan teman WhatsApp.

Humas BPJS Kesehatan Iqbal Anas Ma’aruf juga telah menegaskan kalau pesan dengan iming-iming bantuan yang mengatasnamakan BPJS itu tidak benar.

“BPJS Kesehatan tidak pernah memberikan bantuan-bantuan finansial seperti itu. Itu murni hoaks,” tegas Iqbal dikutip dari berbagai sumber.(ryan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.