Berikan Pelayanan Prima, Dukcapil Manado Akan Maksimalkan Pemanfaatan Teknologi Informasi

Kepala Dukcapil Julises Oehlers (kiri) didampingi Sekretaris Dukcapil Tenny Rorong (kanan)

MANADO, (manadotoday.co.id) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Manado akan memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi agar bisa memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat di tahun 2021 ini.

Kepala Dukcapil Kota Manado Julises Oehlers mengatakan, tujuan tersebut sejalan dengan Permendagri nomor 7 tahun 2019 tentang daring (dalam jaringan) yang mengharuskan pihaknya untuk memanfaatkan teknologi lebih mendalam.

“Artinya kita menggunakan sarana telekomunikasi untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan pengurusan dokumen kependudukan. Apalagi saat masih dalam pandemi Covid-19, dilarang berkumpul-kumpul dan lain sebagainya, jadi teknologi ini memang sangat membantu,”ujar Oehlers belum lama ini.

Di tahun 2021 ini juga kata Oehlers, Dukcapil Manado akan memperbaiki dan meningkatkan fungsi aplikasi antrian online dan layak cerdas.

“Selain itu kami juga akan meluncurkan aplikasi baru yang rencananya dalam waktu dekat sudah bisa digunakan, yaitu masyarakat yang ingin mengetahui proses pengurusan dokumen dapat langsung mendapat informasi terkait itu, syaratnya apa, pengurusannya berapa lama, mirip SMS gateway begitu,”jelas Oehlers.

Ia menambahkan, Dukcapil Manado terus berusaha membenahi diri agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Tagline pelayan Dukcapil seluruh Indonesia sesuai arahan pak Dirjen adalah peningkatan kualitas administrasi kependudukan. Apa yang sudah ada kita tingkatkan, supaya pelayanan jadi semakin baik, cepat dan akurat,”tukas Kepala Dukcapil Kota Manado Julises Oehlers.(ryan)