Benahi TPA Sumompo, Sampah dari Manado Dialihkan ke TPA Kulo di Minahasa

Benahi TPA Sumompo, Sampah dari Manado Dialihkan ke TPA Kulo di Minahasa (foto: Pemhum/Andreas)

MANADO, (manadotoday.co.id) – Sampah dari Kota Manado untuk beberapa hari ke depan akan dialihkan ke TPA Kolu milik Pemkab Minahasa.

Wali Kota G.S Vicky Lumentut mengatakan, sementara sampah dari Kota Manado diteruskan ke TPA Kulo, Pemkot Manado akan berusaha menata TPA Sumompo dalam beberapa hari ke depan agar bisa dimanfaatkan kembali.

“Kita akan berusaha tata TPA Sumompo ini agar bisa kembali digunakan meski dengan kondisi yang sudah sangat terbatas,”kata Lumentut saat meninjau TPA Sumompo, Jumat (5/2/2021).

Ia pun berterima kasih kepada Bupati Roy Roring yang sudah mengizinkan TPA milik Pemkab Minahasa dimanfaatkan sementara waktu oleh Kota Manado.

“Terima kasih juga kepada Pak Gubernur yang sudah memfasilitasi hal ini dan sudah meminjamkan armada truk sampah serta dua alat ekskavator yang digunakan untuk menata TPA Sumompo,”tutur Wali Kota G.S Vicky Lumentut.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Manado Micler Lakat menambahkan, Kota Manado yang dua kali diterjang banjir diawal tahun 2021 ini membuat sampah di TPA Sumompo semakin tidak terkendali.

“Selain sampah pasca banjir ada juga sampah rumah tangga. Ini yang menyebabkan TPA Sumompo penuh, sudah dua gunung (sampah) di sana. Karena itu kita perlu TPA Regional Ilo-Ilo untuk menyelesaikan masalah sampah ini,”imbuh Lakat.(ryan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.