SBANL Apresiasi Pasar Tani Kementerian Pertanian RI Jelang Idul Fitri di Bitung

Pasar tani, Kementan RI, bulog, Stefanus BAN Liow, Bitung
Kegiatan Pasar Tani Kementerian Pertanian RI di Kota Bitung

BITUNG, (manadotoday.co.id)–Anggota Komite II Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) Ir Stefanus BAN Liow MAP (SBANL)  mengapresiasi Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) yang menggelar pasar murah (pasar tani) di Kota Bitung Sulawesi Utara dalam menyambut Idul Fitri di Pasar Tua Rabu (27/4/2022).

Pasar murah itu sendiri bertujuan menjamin ketersediaan dan stabilitas harga bahan pokok bagi masyarakat, termasu menjelang hari raya Idul Fitri.

Dalam menggelar pasar murah, Kementan RI bekerja sama dengan Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Sulawesi Utara serta Pemerintah Kota Bitung dan staleholder lainnya seperti pengusaha dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

”Ini sangat mengena, apalagi di masa pandemi Covid-19 dan kelangkaan serta keterbatasan ketersediaan bahan pokok,” kata Senator SBANL.

Stefanus BAN Liow, Kementan RI, Bulog, Pasar Tani, Bitung
Senator Ir Stefanus BAN Liow MAP menghadiri kegiatan Pasar Tani dan menyerahkan bahan pokok kepada masyarakat

Stefa–sapaan akrabnya yang turut hadir pada kegiatan tersebut berharap perhatian dan kepedulian pemerintah bukan hanya pada saat ini saja tapi diharapkan berkesinambungan dalam menjamin ketersediaan dan stabilitas harga seluruh bahan pokok untuk kebutuhan masyarakat.

Dalam sambutannya, Kepala Badan Karantina Pertanian Kementan RI Ir Bambang MM mengatakan, kegiatan pasar murah merupakan salah satu gerakan dari Kementan RI untuk memastikan ketersediaan dan kestabilan 12 komoditas utama selama bulan Ramadan.

Menurut Bambang yang ikut didampingi Staf Khusus Mentan Eric Tamalagi, Kepala Pusat Karantina Tumbuhan dan Keamanan Hayati Nabati Dr Ir AM Adnan MP dan Kepala Balai Karantina Pertanian Manado Donni Muksydayan, kegiatan ini digelar serentak di 34 provinsi menjelang Idul Fitri.

Badan Karantina Pertanian mendapat penugasan memantau dan melaksanakan kegiatan pasar tani di Pulau Sulawesi, termasuk di Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara. Bambang memberikan apresiasi atas perwujudan sinergitas Kementan RI dengan Wali Kota Bitung bersama Komite II DPD-RI dan stakeholder lainnya, di mana acara ini dihadiri Senator Stefanus Liow, Ketua Komisi II DPRD Provinsi Sulawesi Utara Cindy Wurangian SE, Forkopimda Sulut dan Kota Bitung, pengusaha lokal, UMKM dan masyarakat umum.

Wali Kota Bitung Ir Maurits Mantiri MM juga mengapresiasi Kementan RI, Anggota Komite II DPD-RI Stefanus BAN Liow dan Ketua Komisi II DPRD Sulut Cindy Wurangian, seraya berharap terus bersinergi untuk kemajuan pembangunan pertanian dan peningkatan ekonomi di Kota Bitung.

Usai menyaksikan langsung kegiatan pasar tani, rombongan meninjau langsung Pasar Girian Bitung dengan melakukan pengecekan ketersediaan dan harga kebutuhan bahan pokok. (ark)

Leave A Reply

Your email address will not be published.