Pemkab Minahasa Gelar Upacara Harkitnas

Hari Kebangkitan Nasional, MInahasa, Menteri Kmunikasi dan Informatika, Royke Octvian Roring, manadotoday, pilihan
Upara Peringatan hari Kebangkitan Minahasa tahun 2022 di Kabupaten Minahasa

MINAHASA, (manadotoday.co.id)—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Jumat (20/5/2022) menggelar Upacara memperingtai Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Minahasa.

Tampil sebagai Inspektur Upacara Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir Wenny Talumewo MSi mewakili Bupati MInahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi, sementara Perwira Upacara Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Agustifo Tumundo SE MSi dan Komandan Upacara Camat Tondano Barat Robert Ratulangi SPd MM.

Tema Harkitnas tahun 2022 adalah ‘’Ayo Bangkit Bersama’’. Saat membacakan amanat Menteri Komunikasi dan Informatika

RI Johnny G Plate, Talumewo tema harkitnas tahun ini sebagai bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi Covid-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir.

‘’Jangan hanya dimaknai secara seremonial saja tapi mari sejenak kita telaah sisi historis di balik peringatan Hari Kebangkitan Nasional,’’ katanya.

Peringatan harkitnas tpada 20 Mei itu sendiri lanjut menteri, ditetapkan oleh Presiden Soekarno, diambil dari lahirnya perkumpulan Boedi Oetomo sebagai Hari Bangkitnya Nasionalisme Indonesia.

‘’Di masa itu, terdapat ancaman perpecahan antargolongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa. Dengan situasi tersebut, semangat persatuan yang digagas oleh Boedi Oetomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa,’’ kata Talumewo membacakan amanat Menkominfo.

Menteri juga menyentil soal peran Indonesia di G20 di mana Indonesia menjadi pemimpin dengan mengusung tiga isu prioritas, yaitu Arsitektur Kesehatan Global yang Inklusif, Transformasi berbasis Digital dan Transisi Energi Berkelanjutan.
‘’Melalui Presidensi G20 Indonesia, hendaknya kita dapat memaknai semangat pantang menyerah Dr Sutomo untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional tahun ini sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi Covid-19 juga krisis multidimensi yang sedang melanda dunia,’’ kata menteri. (ark)

Leave A Reply

Your email address will not be published.