Kemenparekraf Sebut Festival Danau Tondano Masuk 15 Prioritas Nasional

Festival Danau Tondano, Olly Dondokambey, Minahasa, Royke Octavian Roring, kemenparekraf
Pemukulan Tetengkoren, tanda Festival Danau Tondano resmi dibuka

MINAHASA, (manadotoday.co.id)—Kembali digelarnya Festival Danau Tondano setelah sekian lama tak digelar akibat pandemi Covid-19 menggairahkan pariwisata di Kabupaten Minahasa dan Sulawesi Utara umumnya. Bahkan, Haryanto, Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyebutnya sebagai salah satu dari 15 prioritas nasional.

Hal itu dikatakan Haryanto saat membawakan sambutan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno pada pembukaan Festival Danau Tondano yang digelar dalam rangka HUT ke594 Minahasa dipusatkan di Astound Hill Kamis (3/11/2022) yang akan berlangsung 3-5 November 2022.

‘’Dalam setiap perhelatan penting dalam ekonomi kreatif, selalu memunculkan potensi. Kemenparekraf selalu hadir dan menjadi bagian integral dari pariwisata Indonesia,’’ kata Haryanto seraya mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, pemerintah Kabupaten Minahasa dan pihak terkait lainnya.

Wisata alam dan ragam potensi di Kabupaten MInahasa dan Sulawesi Utara merupakan unggulan dan akan turut berkontribusi bagi dunia pariwisata. Festival Danau TTondano merupakan ajang promosi potensi wisata yang ada dan bisa memberikan multiplayer effect bagi masyarakat.

Saat membuka Festival Danau Tondano, Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE menyatakan syukurnya karena sudah melewati pandemi. ‘’Festival Danau Tondano adalah salah satu inovasi yang dilakukan pemerintah Kabupaten MInahasa. Terima kasih karena turut mengangkat potensi wisata di Sulawesi Utara,’’ kata gubernur.

Festival Danau Tondano sendiri menampilkan sejumlah hal menarik. Ada parade perahu hias, bendi hias serta bakar nasi jaha dan ikan woku.

Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi bersyukur karena setelah beberapa tahun tidak digelar, iven pariwisata andalan Kabupaten Minahasa ini bisa digelar.

‘’Terima kasih atas dukungan Pak Gubernur dan Festival Danau Tondano bisa masuk 110 iven pariwisata ekonomi kreatif kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif,’’ kata bupati.

Tujuan dilaksanakannya Festival Danau Tondano tambah bupati, untuk memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi, menarik jumlah wisatawan,menarik investor serta membuka lapangan pekerjaan serta industri pariwisata bagi masyarakat sekitar.

Hadir dalam pembukaan Festival Danau Tondano, Koordinator Event Wilayah II Kementerian pariwisata dan Ekonomi Kreatif Diana Indriati beserta tim, Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Mochammad Luthfi Beta dan istri, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Mukhlis SAP MM, Bupati Minahasa Selatan Frangky Wongkar SH, Wakil Bupati Bolmong Utara, Forkopimda MInahasa, Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Kabupaten Minahasa, Kerukunan Keluarga Kawanua di California AS dan lainnya. (ark)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.