Desa Keroit Manfaatkan DD 2021 Bangun Drainase dan Rabat Beton

Pembangunan Rabat Beton areal pemukiman dengan anggaran DD Tahun 2021 Desa Keroit Kecamatan Motoling Barat. (insert foto Pejabat Hukum Tua Desa Keroit Ivke Tambingon SE)

MOTOLING, (manadotoday.co.id) – Bantuan Pemerintah melalui program Dana Desa (DD) yang dialokasikan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN), sejauh ini telah memberikan manfaat dalam rangka kemajuan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Buktinya hampir setiap tahun berbagai infrastruktur berhasil dibangun dengan menggunakan Anggaran Dana Desa. Disamping berbagai pelatihan bagi perangkat desa dan masyarakat dalam rangka peningkatan kapasitas dan sumber daya manusia (sdm).

Hal ini juga yang dirasakan oleh pemerintah dan masyarakat Desa Keroit, Kecamatan Motoling Barat.

“Harus diakui masyarakat sangat terbantu dengan adanya program DD dari pemerintah,” terang Pejabat Hukum Tua Desa Keroit Ivke Tambingon SE.

Dan sehubungan dengan pemanfaatan DD Tahun 2021 di Desa Keroit, dijelaskan Tambingon bahwa DD tersebut berdasarkan APBDes 2021 dialokasikan untuk berbagai bidang meliputi Bidang Pembangunan, Pemberdayaan dan Tanggap Darurat Bencana Non alam.

“Untuk pembangunan diperuntukan bagi pembuatan Drainase, rabat beton di area pemukiman dan jalan sentra ekonomi.
Selain itu juga dilaksanakan pelatihan dalam rangka peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa dan SDM, pencegahan covid-19 serta Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi warga terdampak dan kurang mampu yang telah ditetapkan melalui musyawarah desa dengan BPD, ” terang Tambingon.

“Dalam pekerjaan infrastruktur dilibatkan masyarakat sebagaimana program padat karya tunai desa (PKTD),” sambungnya.

Sementara untuk pengelolaan DD dan Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun 2021 yang dimanfaatkan untuk penyelenggaraan pemerintah, pihaknya menyatakan dilaksanakan secara transparan dan akuntabel serta semata-mata untuk kepentingan masyarakat.

“Saya berharap program DD Tahun Anggaran 2021 akan memberikan manfaat dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat sebagaimana tujuan bantuan pemerintah ini,” tukasnya.

Diketahui Pagu DD Tahun Anggaran 2021 Desa Keroit berjumlah Rp 959 663.000. (lou)

Leave A Reply

Your email address will not be published.