LPM Tomohon-Unsrat Sukses Gelar Webinar Pengelolaan Sampah Organik

Webinar LPM Tomohon-Unsrat tentang Pengelolaan Sampah Organik

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Tomohon kembali sukses menggelar Webinar. Kali ini kerja sama dengan Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado Jumat (16/10/2020) tentang Pengelolaan Sampah Organik.

Kegiatan dibuka Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak CA diwakuli Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Ronni Lumowa SSos MSi.

Saat membuka kegiatan, Lumowa mengapresiasi kegiatan Webinar tersebut.

‘’Kegiatan ini sangat baik karena bersentuhan dengan kebutuhan masyarakat sehari-hari yang berhadapan dengan sampah. Nah, jika dimanfaatkan, tentunya selain membuat Kota Tomohon tidak dipenuhi sampah, juga memberikan nilai tambah bagi masyarakat,’’ ujar Lumowa.

Dalam Webinar tersebut, pengelolaan sampah lebih ke menjadi bahan untuk pengembangan prosuksi tanaman hias karena Tomohon terkenal dengan Kota Bunga dan sebagai produsen florikultura.

Baca Juga:
1 of 2.948

Bentuk kerja sama antara LPM Tomohon dengan Unsrat, narasumber berasal Ir Lalu Wahyudi MP dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Jurusan Biologi yang baru saja terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional.

Ir Lalu Wahyudi MP membawakan materi pengelolaan sampah organik sebagai bahan kompos. Materi tentang pengelolaan tanaman hias disampaikan oleh Ketua Jurusan biologi FMIPA Unsrat Dr Rooije RH  Rumende SSi MKes.

Pada sesi Tanya jawab, peserta langsung menyampaikan pertanyaaan teknis tentang pengelolaan sampah juga pengelolaan tanaman hias.

Suasana akademik mewarnai diskusi, diimbangi dengan situasi di lapangan yang dialami masyarakat tentang sampah dan tanaman hias.

‘’Kegiatan ini memberikan manfaat yang besar dan sangat dinanti-nanti oleh masyarakat. Oleh karena itu, kami akan terus menggalakkan kegiatan-kegiatan yang bersentuhan langsung dengan kehidupan sehari-hari masyarakat,’’ ujar Rumende.

Sekretaris LPM Kota Tomohon Noldy Wuisan mewakili pengurus menyampaikan terima kasih kepada Rektor Unsrat Prof Dr Ellen Joan Kumaat MSc DEA melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat yang telah menunjukkan peran melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM), berkenan menjadikan keluarga besar LPM di Tomohon sebagai objek dilaksanakan kegiatan ini.

Sementara Dr Ratnah Siahaan MSi yang bertugas  memandu acara, juga turut melengkapi penjelasan tentang pengelolaan tanaman hias yang baik dan maksimal. Kegiatan webinar ditutup oleh Sekretaris Jurusan Biologi FMIPA Unsrat Manado Dr Hanny Pontororing SSi MSi. (ark)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.