Wuwungan Minta Sekolah di Minahasa Berikan Kuota Gratis untuk Siswa Kurang Mampu

Tommy Wuwungan
Sekretaris Dinas Pendidikan Minahasa, Tommy Wuwungan.

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Sekretaris Dinas Pendidikan Minahasa, Tommy Wuwungan, menyatakan, seluruh sekolah di Minahasa memberikan kuota gratis kepada siswa kurang mampu, untuk menunjang proses belajar secara daring (internet).

Menurut Wuwungan, sesuai Peraturan Menteri (Permen) Pendidikan Nomor 19 tahun 2020 tentang  petunjuk teknis (Juknis) Dana Bos, bisa digunakan untuk anggaran kuota belajar daring para siswa.

“Permen tersebut mengamanatkan bahwa penggunaan dana bos disesuaikan dengan pembelajaran dimasa Covid-19 antara lain pengadaan alat pelindung diri (APD) seperti masker, handsanitizer, kuota pulsa untuk para guru, transport dan jika memungkinkan bisa untuk kuota siswa bagi yang kurang mampu,” ujar Wuwungan, Selasa (21/7/2020).

Dijelaskan dia, belanja rutin yang tidak digunakan dimasa Covid-19 misalnya pembelian kertas atau oprasional lainnya semisal ATK atau ATM, bisa dialihkan untuk membeli kuota buat guru dan siswa.

Kata Wuwungan, siswa yang tak mampu beli kuota bisa menghubungi guru di masing-masing sekolah.

“Proses belajar mengajar akan tetap berjalan apapun kendalanya. Sebab pemerintah telah mengantisipasi dengan berbagai upaya termasuk dimasa Covid-19,” tandasnya. (rom)