Hari Pertama, 84 Atlet dari 7 Negara Bertarung di Minahasa Wakefast 2023

wake fast minahasaMINAHASA – Pelaksanaan Wakefest 2023 di hari pertama sukses digelar. Ada 84 atlet dari 7 negara yang bertarung di perhelatan olahraga air yang digelar di Danau Tondano, (24/11) itu. Kegiatan ini merupakan event berskala internasional dan pertama kali di Kabupaten Minahasa.

Negara peserta antara lain China, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Singapura, Taiwan, dan Thailand. Bupati Minahasa Dr Jemmy Kumendong mengapresiasi positif serta berterima kasih untuk semua pihak yang sudah terlibat sehingga suksesnya pelaksanaan event internasional 2023.

“Kami mengundang seluruh masyarakat, karena di samping event bergengsi ini, kita menghadirkan atlet-atlet luar negeri. Juga pada kejuaraan ini, penyelenggara menyiapkan tenda-tenda kuliner dan souvenir sebanyak 50, agar pengunjung yang datang bisa melihat lebih dekat karakteristik masyarakat Minahasa,” terang Kumendong.

Sementara itu, Gubernur Olly Dondokambey dalam sambutannya berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, dan membawa dampak positif bagi daerah Sulawesi Utara dan Minahasa khususnya.

wakefast minahasa 2Senada disampaikan Wagub Steven Kandouw, dirinya mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Olly Dondokambey yang telah mendukung jalannya kegiatan ini.
“Wakefest Minahasa 2023 akan membuka peluang bagi penyelenggaraan event internasional lainnya di Sulawesi Utara,” ungkapnya.
Tak hanya olahraga air, iven ini diikuti juga Festival Budaya, Wisata Kuliner, Souvenirs, dan Entertainment.
Nampak dalam acara pembukaan ditampilkan tarian daerah Minahasa, seperti Kabasaran (Tarian Perang), Maengket dan Drum Band, dengan tujuan agar acara Wakefest 2023 semakin meriah.
Suasana terasa lebih internasional karena sepanjang acara pembukaan, bahasa pengantar adalah bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
Turut hadir dalam pembukaan kegiatan Wakefest Minahasa 2023, Forkopimda Provinsi Sulawesi Utara, Forkopimda Kabupaten Minahasa, Ketua Panitia Rio Dondokambey Jajaran ASN, THL, serta para Hukum Tua dan masyarakat. (*)