Dandes 2019, Desa Motoling Mawale Prioritaskan Infrastruktur dan Pemberdayaan Masyarakat

 Johnly Sembung
Papan Info Grafis Penggunaan DD dan ADD Desa Motoling Mawale TA 2019

MOTOLING, (manadotoday.co.id) – Pemerintah Desa Motoling Mawale Kecamatan Motoling Kabupaten Minahasa Selatan memanfaatkan bantuan Pemerintah berupa Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) Tahun 2019 untuk pembangunan Infrastruktur, pemberdayaan masyarakat, penyelenggaraan pemerintah Desa serta penyertaan modal untuk Badan usaha milik desa (Bumdes).

Hukum Tua Desa Motoling Mawale Johnly Sembung mengatakan dalam pemanfaatan DD tahun 2019, masih menjadi skala prioritas adalah pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat.

Hal ini menurut Sembung, yang dalam rangka menjawab aspirasi masyarakat yang disampaikan pada saat pelaksanaan musyawarah desa.

“Jumlah Pagu DD dan ADD Desa Motoling Mawale sebagaimana tertuang dalam APBDes Tahun Anggaran 2019 sebesar Rp 1.252.757.719. Dan prmbiayaan melipuyi Bidang Penyelenggaraan Pemerintah Desa sebesar Rp 307.327.219, Peaksanaan Pembangunan Desa sebesar Rp 727.603.000307, Bidang pemberdayaan masyarakat sebesar Rp 132.827.500 serta penyertaan modal Bumdes Rp 85.000.000, ” terang Sembung.

Hukum Tua Desa Motoling Mawale Johnly Sembung mengawasi langsung pengerjaan infrastruktur yang melibatkan masyarakat
Hukum Tua Desa Motoling Mawale Johnly Sembung mengawasi langsung pengerjaan infrastruktur yang melibatkan masyarakat

Dalam hal pelaksanaan pengelolaan DD dan ADD pihaknya menurut Sembung, selalu mengedepankan transparansi dan akuntabilitas serta sesuai aturan yang berlaku.

“Tujuannya agar setiap progres pekerjaan yang bersumber dari DD dan ADD diketahui masyarakat. Bukan hanya itu masyarakat turut serta dilibatkan dalam proses pembangunan. Sebab DD tujuan utama diperuntukan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya.

Pun demikian Sembung berharap DD dan ADD akan menjadi program berkelanjutan pemerintah Jokowi, karena masih sangat dibutuhkan masyarakat dalam rangka peningkatan kesejahteraan.

“Karena itu apresiasi kepada Presiden RI Jokowidodo dan Wakil Presiden Jusuf Kala, yang terus berkomitmen menjawab kebutuhan dan kesejahteraan masyarakat. Begitupun terima kasih kepada Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu dan Wakil Bupati Frangky Donny Wongkar yang juga terus memperhatikan kepentingan masyarakat,” tutupnya. (lou)

Add Comment