Bupati Minahasa minta Warga Waspadai Ancaman Kebakaran

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Bupati Minahasa Ir Royke O Roring M.Si (ROR) bersama Forkominda Kabupaten Minahasa, baru-baru ini membahas ancaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di daerah ini. Hal ini untuk menindaklanjuti instruksi apak Presiden Indonesia, Joko Widodo.

Dalam rapat dibahas soal kebakaran di dua titik yakni di Kecamatan Pineleng dan Tombariri beberapa waktu lalu, yang oleh kesigapan masyarakat, jajaran pemerintah dibantu unit pemadam kebakaran Minahasa dan Pemprov Sulut, api dapat dipadamkan dan tidak sampai merembet ke rumah warga.

“Saya dan jajaran Forkopimda mengimbau agar kita bersama-sama menjaga lingkungan, jika membuang puntung rokok hendaknya dimatikan terlebih dulu dan kalau membakar sampah untuk membersihkan lahan agar dijaga sehingga api tidak membesar dan merembet ke tempat lain. Demikian juga di rumah warga, agar kompor dan alat listrik dimatikan jika sudah tidak digunakan. Marikan jadikan Kabupaten Minahasa yang aman dan nyaman bagi kita semua,” harap ROR.

Disisi lain, Forkominda juga pertumbuhan Eceng Gondok di Danau dan Sungai Tondano. Untuk tahun ini meski anggaran masih relatif kecil tetap untuk berupaya bersama Pemprov Sulut, TNI/Polri bahu-membahu. Tahun depan diharapkan sudah masif bersama Kementerian PU dan Lingkungan Hidup.
Hadir dalam rapat tersebut Kapolres Minahasa, Ketua DPRD Minahasa, Ketua Pengadilan Negeri Tondano, Kejari Minahasa, Sekda Minahasa dan asisten 1 Pemerintah dan Kesra. (rom)

Add Comment