Cegah Korupsi, Selasa Besok KPK Turun di Minahasa Tenggara

Reporter : | 05 Nov, 2018 - 10:30 pm WITA

Kepala Inspektorat Minahasa Tenggara Robert Rogahang

Kepala Inspektorat Minahasa Tenggara Robert Rogahang

RATAHAN, (manadotoday­.co.id) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Selasa (6/11/2018) besok, akan menyambangi Pemkab Mitra dalam rangka melaksanakan Koordinasi Supervisi Pencegahan (Korsupgah).

Kepala Inspektorat Minahasa Tenggara Robert Rogahang, mengatakan kedatangan KPK melalui deputi pencegahan Korsupgah, merupakan kegiatan rutin dilakukan di semua daerah di Indonesia, jadi bukan hanya di Kabupaten Mitra.

“Jadi mereka (KPK) melalui deputi pencegahan akan melaksanakan Korsupgah dengan Pemkab Minahasa Tenggara. Ini merupakan kegiatan yang mereka laksanakan di semua daerah di Indonesia dalam upaya pencegahan,” kata Rogahang, Senin (5/11/2018).

Rogahang mengungkapkan, sasaran dari tim KPK tersebut untuk proses pencegahan permasalahan korupsi khususnya di sejumlah perangkat daerah yang berkaitan dengan pelayanan publik, dan keuangan.

“Sasaran mereka yaitu bagaimana melakukan pencegahan, sehingga tidak terjadi kasus korupsi, secara khusus di instansi yang berkaitan dengan pelayanan publik, keuangan dan pengadaan barang jasa,” katanya.

Sejumlah instansi yang menjadi sasaran pencegahan yakni Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Badan Keuangan Daerah (BKD), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Bagian Organisasi, serta Bagian Pengadaan Barang dan Jasa.

“Pencegahan di sejumlah instansi tersebut berkaitan dengan pelayanan perizinan, proses e-planning, e-budgetin, pengelolaan dana desa, serta proses pengadaan barang jasa, serta penilaian kinerja. Selain itu juga dari supervisi ini akan disampaikan proses pelaksanaan tugas harus sesuai dengan standar operasional dan prosedur,” jelasnya.

Dia menambahkan, dengan adanya supervisi dari KPK akan sangat membantu Pemkab dalam upaya melakukan pencegahan korupsi.

“Jadi kedatangan KPK bukan karena kasus. Tapi kedatangan ini untuk membantu Pemkab dalam rangka melakukan pencegahan terhadap korupsi,” tandasnya.(ten)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Advertisement
.