Pimpin Rapat EPPA, Roring: Perencanaan Kurang Matang Hasilkan Penyerapan Anggaran Rendah

Reporter : | 31 Okt, 2018 - 9:58 pm WITA

Rapat EPPA minahasa, Penyerapan Anggaran minahasa, Royke O Roring TONDANO, (manadotoday.co.id) – Bupati Minahasa Ir Royke O Roring M.Si. memimpin rapat Evaluasi dan Pengawasan Penyerapan Anggaran (EPPA) tahun 2018, bertempar di ruang sidang Kantor Bupati Minahasa, Rabu, (31/10/2018).

Rapat dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesra DR. Denny Mangala, MSi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sihar Wilford Siagian, MA, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Minahasa Philip Siwi, SE, seluruh kepala OPD, bendahara dan operator EPPA.

Dalam sambutannya, Bupati Minahasa menyampaikan pelaksanaan pemerintahan daerah dengan paradigma baru berdasarkan undang-undang no. 23 tahun 2014 khususnya pengelolaan keuangan daerah dilakukan secara efektif, efisien, transparan, akuntabel, tertib, adil, patut, dan taat pada peraturan perundang-undangan.

“Hal ini bertujuan untuk menyeragamkan persepsi serta meningkatkan efisien dan efektifnya pengelolaan anggaran khususnya di lembaga pemerintahan baik pusat maupun daerah,” ujar Bupati.

Sejalan dengan implementasi otonomi daerah, khususnya mengenai pengelolaan keuangan daerah, telah memberikan banyak pengalaman berharga. Realitas lapangan menunjukkan adanya dinamika yang tinggi dalam mengimplementasikan sekaligus mengevaluasi penyerapan anggaran dalam rangka mempercepat pelaksanaan program/kegiatan pada DPA/DIPA perangkat daerah di lingkungan Pemkab Minahasa.

Anggaran merupakan topik yang sensitif dan banyak mendapat sorotan publik, begitu juga penyerapan anggaran yang lambat serta menumpuknya anggaran yang tidak terealisasi hingga akhir tahun. Selain itu, pelaksanaan program dan kegiatan tidak sesuai jadwal, dikarenakan banyak faktor serta kekurangan pemahaman terhadap implementasi peraturan pemerintah.

“Keseluruhan kendala ini, menunjukkan sering kurang matangnya tahap perencanaan serta evaluasi kegiatan yang berakibat pada rendahnya penyerapan anggaran dan realisasinya,” jelas bupati.

Melalui kegiatan ini, bupati ingin mengingatkan kembali pentingnya perencanaan dan penyusunan anggaran yang efektif serta ditujukan sebesar-besarnya memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat.

“Rapat pimpinan EPPA ini mememiliki peran strategis dalam pencapaian kinerja masing-masing perangkat daerah, terutama dalam upaya pencapaian realisasi keuangan maupun fisik,” tutur bupati.

Berdasarkan data pada tim EPPA, masih banyak kegiatan yang sudah jatuh tempo, belum dilaksanakan oleh Organisasi Perangkat Daerah. Untuk itu dalam momentum rapat pimpinan EPPA ini, dia memintakan perhatian dan kerja sama kepada pimpinan OPD, bahwa dalam mengelola keuangan serta tertib administrasi pelaporan realisasi keuangan dan fisik, hendaknya disesuaikan dengan sistem monitoring pada aplikasi EPPA, dengan memperhatikan instruksi Bupati Minahasa nomor 02 tahun 2013 tentang pelaksanaan evaluasi dan pengawasan penyerapan anggaran (EPPA) pemerintah kabupaten Minahasa.

Data pelaporan EPPA pada masing-masing organisasi perangkat daerah tersebut menjadi acuan pelaporan tim EPPA Kabupaten Minahasa pada sistem informasi monitoring tepra (sismontep) untuk provinsi dan tim EPPA pusat.(rom)

Baca Juga :

Leave a comment

Berita Pilihan

Advertisement
.