Sukses Workshop Apeksi di Bitung

Workshop Apeksi 2018, Workshop Apeksi bitung, Sukses Workshop Apeksi di Bitung2PELAKSANAAN Workshop Kemaritiman Asosiasi Pemerintah Kota Indonesia (Apeksi) Komisi Wilayah (Komwil) VI, dengan tema peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), berlangsung sukses.

Kegiatan yang dilaksanakan di BPU Kantor Walikota Bitung, Sabtu (6/10/2018) diikuti oleh peserta yang berasal dari wilayah Indonesia Bagian Timur .

Sukses Workshop Apeksi di Bitung Sukses Workshop Apeksi di Bitung1Dalam kesempatan itu Lomban menjelaskan tentang keberadaan Kota Bitung yang merupakan salah satu daerah di Indonesia Timur yang memiliki potensi industri perikanan yang besar, namun terpuruk akibat peraturan terkait penangkapan ikan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan.

“Saat ini dari tujuh pabrik pengalengan ikan, ada tiga yang masih berjalan dan bahan bakunya pun impor. Selain itu masalah perizinan yang masih terlambat sehingga dampak yang terjadi, salah satu pabrik pengolahan ikan telah melakukam PHK terhadap 1.700 karyawannya. Belum lagi pabrik-pabrik lainnya, diantaranya pabrik pengalengan, pabrik ikan cakalang dan tuna,” jelasnya.

Sukses Workshop Apeksi di Bitung4 Sukses Workshop Apeksi di Bitung3Pun demikian Lomban berharap lewat momentum ini ada satu kesepakatan dari seluruh pemimpin daerah Apeksi Korwil VI untuk bersatu hati menyampaikan berbagai persoalan sehubungan dengan industri Perikanan.

“Ini penting sebagai langkah mencari solusi terbaik guna perbaikan dan peningkatan ekonomi kedepan,” tukasnya.

Diketahui sbelumnya, Lomban meyambut kedatangan para pimpinan yang tergabung dalam Apeksi Komwil VI, melalui gala dinner di Grand Kawanua Novotel Manado, Jumat (5/10/2018) pekan lalu. (kys/adve)