Bitung Raih WTP ke-7

WTP , bitung WTP , bitung WTP 2018BITUNG, (manadotoday.co.id) – Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung, meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), atas pengelolaan keuangan tahun anggaran 2017, dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Dengan opini ini, Pemkot Bitung sudah 7 kali secara berturut-turut menerima WTP. Penghargaan ini diserahkan kepala BPK RI Perwakilan Sulawesi Utara (Sulut) Drs Tangga Muliaman Purba, kepada Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban, didampingi Ketua DPRD Kota Bitung Laurensius Supit, di Aula Kantor BPK Perwakilan Sulut, Manado, Senin (4/6/2018).

“Apresiasi kepada BPK yang telah berkontribusi positif terhadap laporan hasil pemeriksaan, sehingga Kota Bitung mampu meraih gelar WTP ketujuh kalinya secara berturut-turut sejak tahun 2011,” kata Lomban usai menerima penghargaan.

Dipaparkan Lomban, dari hasil pemeriksaan pengelolaan keuangan, hampir sudah sesuai dengan prosedur standar akutansi berbasis akrual dimana pemeriksaan dilakukan pada Neraca, Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Arus Kas, dan Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK) Laporan Operasional, Laporan Perubahan Ekuitas, dan Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih.

“Meskipun memang masih ada beberapa rekomendasi yang harus kita perbaiki lagi,” terang Lomban.

Terpisah, Wakil Walikota Bitung Maurits Mantiri mengatakan keberhasilan Pemkot Bitung meraih opini WTP ini, murni didasarkan pada upaya Pemkot Bitung, memperbaiki dan semaksimal mungkin meminimalisir kesalahan yang terjadi pada tahun sebelumnya.

“Terimakasih kepada semua Perangkat Daerah (PD) yang telah mengelola keuangan di APBD, dengan baik,” ujar Mantiri, sembari menambahkan keberhasilan meraih opini WTP, diharapkan akan memberi dampak pada peningkatan kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.(kys)