KKP dan Komisi IV DPR-RI Kunjungi Bitung

Reporter : | 27 Apr, 2018 - 7:29 pm WITA

KKP ,Komisi IV DPR-RI , Pelabuhan Perikanan BitungBITUNG, (manadotoday.co.id) – Tim Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) danKomisi IV DPR-RI melakukan kunjungan kerja di Kota Bitung, Kamis (26/4/2018). Kunjungan in i diterima Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban di Pelabuhan Perikanan Bitung.

Dalam kesempatan itu Lomban mengatakan, sangat mengapresiasi kedatangan Tim KKP dan Komisi IV DPR-RI di Kota Bitung, yang juga bertujuan unutk memberikan bantuan kepada para nelayan yang ada di Kota Bitung. Bantuan yang diterima ini akan menjadi penyemangat bagi para nelayan untuk mencari ikan di Laut Bitung, yang juga merupakan suatu bentuk perhatian dari Pemerintah Pusat pada Pemerintah Kota Bitung khususnya dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi disektor perikanan yang ada di Kota Bitung.

“Bahkan saat inipun telah diresmikan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Higienis yang representatif berkelas internasional yang diharapkan mampu berkontribusi positif untuk membantu para nelayan dan pengusaha perikanan di Kota Bitung,” ujar Lomban.

Dalam kesempatan itu Lomban juga memaparkan situasi dan kondisi sektor perikanan di Kota Bitung yang belum mengalami perubahan signifikan sejak diberlakukannya undang – undang tentang penangkapan ikan oleh KKP yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi di Kota Bitung. Ia pun mengusulkan kiranya ada perubahan dibidang regulasi perikanan yang selama ini diketahui hanya secara terbatas yang tersedia di Kota Bitung.

“Permohonan ini merupakan kesepakatan dari Pemerintah Kota Bitung, Para Pengusaha Pengelola Perikanan di Kota Bitung bersama unsur Perbankan dan Stakeholder lainny,” jelas Lomban.

Adapun bantuan yang diserahkan berupa Kapal Perikanan, Alat Penangkapan Ikan ramah lingkungan, bantuan Premi Asuransi dan Klaim Asuransi Nelayan serta bantuan permodalan usaha nelayan yang diserahkan Direktur Jenderal (Dirjen) Perikanan Tangkap Syarief Widjaja kepada perwakilan Nelayan disaksikan Wali Kota Bitung, anggota Komisi IV DPR-RI Mindo Sianipar dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulawesi Utara Ronald Sorongan.(kys)

Baca Juga :

Leave a comment