Dinilai Hamburkan Uang, Bimtek Hukum Tua dan Perangkat Desa di Bali Tuai Sorotan

Reporter : | 11 Jul, 2017 - 10:22 am WITA

AMURANG, (manadotoday.co.id) – Bimbingan teknis (Bimtek) yang kembali dilakoni para hukum tua dan perangkat desa Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) di luar daerah yakni di Pulau Bali, kembali mendapatkan kritikan pedas sejumlah warga. Pasalnya, bimtek yang dilaksanakan dalam rangka peningkatan kapasitas aparatur pemerintah selama beberapa hari kedepan dinilai hanya menghamburkan uang.

“Bimtek untuk peningkatan kapasitas memang perlu. Tapi bukan berarti harus dilaksanakan di luar daerah. Karena pastinya membutuhkan biaya yang cukup banyak,” tandas Denly M warga Minsel.

Apalagi menurutnya, saat ini pemerintah pusat sedang gencar-gencarnya melakukan penghematan anggaran, agar berbagai program pembangunan infrastruktur dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat dipenuhi.

“Harusnya BPMD sebagai panitia pelaksana Bimtek jeli melihat kondisi yang ada. Caranya yakni mendatangkan pemateri dari Kemendagri ke Minsel, sehingga biaya Bimtek dapat ditekan,” tandasnya.

Warga lainnya menilai bimtek yang dilakukan hanya sekedar modus untuk jalan-jalan. Sebab, selama ini banyak hasil bimtek yang tidak dapat diimplementasikan kepada masyarakat.

“Hasil bimtek apa. Bimtek cuma modus. Supaya dapa pasiar gratis. Kong LPJ somo tatamba 1 item for mempermudah dapat untung,” tulis NachaTa Amat Pindarante, dalam akun Facebook di Grup Rakyat Minsel Bicara.

Senada, Sampel Kasenda mengatakan agar perangkat Desa dan Hukum Tua membawa pulang hasil Bimtekbyang diikuti.

“Jangan setelah pulang, tidak ada sosialisasi apalagi dipraktekkan ke tengah masyarakat, ini yang disayangkan, justru yang dibawa pulang hanya ole-ole untuk keluarga, relasi dan rekan prangkat. Yang rakyat butuh apa yang didapat, masyarakat harus tau juga,” ujar Sampel.

Sementara itu dari informasi yang diperoleh, Bimtek akan dilaksanakan dalam dua kelompok dimana masing-masing desa mengikutsertakan dua orang, dengan biaya sekitar Rp 12.500.000 diambil dari Dana Desa yang telah ditata dalam APBDES. (lou)

Baca Juga :

Leave a comment