Presentasi Energi Terbarukan, Wali Kota Tomohon Pukau Peserta Moscow Enes Expo

Reporter : | 24 Nov, 2016 - 7:59 am WITA

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak dan Ketua DPRD Ir Miky JL Wenur

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak dan Ketua DPRD Ir Miky JL Wenur

MOSCOW, (manadotoday.co,id)—Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak tampil memukau saat mempresentasikan energi terbarukan Panas Bumi Lahendong pada Moscow Enes Expo di Moscow Rusia 23-24 November di Gostiny Dvor.

Kegiatan yang dihadiri para wali kota dalam rangka merealisasikan program kota cerdas khususnya dalam bidang efisiensi energi dan pengembangannya secara berkelanjutan. Eman membawakan materi tentang Energy Cerdas (Smart Energy) yang telah digagas bersama komponen terkait.

Selain Wali Kota, hadir juga Ketua DPRD Kota Tomohon Ir Miky JL Wenur dan beberapa pejabat Eselon Dua. Pada pertemuan tersebut, Pemkot Tomohon menerima banyak pandangan untuk pengembangan energi terbarukan dan ramah lingkungan, berkesinambungan serta inisiatif dalam pengembangan energi.

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak di Moscow Enes Expo  Moscow

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak di Moscow Enes Expo Moscow

Pembicara utama seperti Menteri Energi Rusia Alexander Novak,Dirjen Pusat Inovasi Islandia Thortstein Sigtuson Inga Direktur Energi Jerman, dari Singapura dan Inggris, banyak membagi pengalaman dan ilmu bagi pengembangan efisiensi energi, kualitas baru dalam penerangan, investasi terbaik bagi kehidupan di kota.

Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak sendiri memaparkan potensi energi terbarukan panas bumi di Tomohon yang termuat dalam master plan pengembangan panas bumi, wisata dan pendidikan panas bumi bagi kesejahteraan. Kegiatan dihadiri sekitar 40 wlai kota se-dunia yang menjadi peserta.

Wali Kota Tomohon adalah satu-satunya Wali Kota yang mewakili Indonesia yang ditunjuk mempresentasikan energi terbarukan Panas Bumi Lahendong yang sudah berproduksi dan telah dinikmati Provinsi Sulawesi Utara dan sekitarnya.

Uap yang dihasilkan telah diperbaharui sebagai energi listrik. Sementara Kabag Humas dan Protokol Fransiskus Ferdinand Lantang STTP mengatakan, kehadiran Wali Kota Eman di konfrensi tingkat dunia ini merupakan salah satu kebanggaan masyarakat Tomohon.

Ketua DPRD Ir MIky JL Wernur, Wakil Ketua Caroll YA Senduk SH, Youddy YY Moningka SIP, Kads Tarumansa Drs ODS Mandagi serta  Kepala BKD masna Pioh SSos dan Kadis KOperasdi dan UMKM Theodorus Paat SIP

Ketua DPRD Ir MIky JL Wernur, Wakil Ketua Caroll YA Senduk SH, Youddy YY Moningka SIP, Kads Tarumansa Drs ODS Mandagi serta Kepala BKD masna Pioh SSos dan Kadis KOperasdi dan UMKM Theodorus Paat SIP

‘’Undangan kepada Wali Kota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak merupakan penghargaan dari Pemerintah RI kepada masyarakat Tomohon. Apalagi Wali Kota Jimmy Eman menjadi salah satu pembicara,’’ jelas Lantang. Kegiatan tersebut juga menjadi ajang prmosi Kota Tomohon yang memiliki agenda internasional yakni Tomohon International Flower Festival (TIFF) yang dilaksanakan tiap tahun.

Wali kota mengundang negara-negara yang hadir pada pertemuan tersebut untuk menghadiri bahkan berpartisipasi di TIFF.

‘’Melalui kegiatan ini, tentunya akan membawa dampak luas bagi Indonesia dan masyarakat Kota Tomohon khususnya. Tentu ini akan menjadikan wisata, energi dan pendidikan yang semakin maju dan berdampak luas bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Tomohon dan sekitarnya,’’ ujar Eman.

Di Rusia, Wali Kota didampingi Pimpinan DPRD Tomohon terdiri dari Ketua Ir Miky JL Wenur, Wakil Ketua Caroll YA Senduk SH dan Youddy YY Moningka SIP serta tiga pejabat eselon dua maisng-masing Kepala Dinas Tata Ruang, Pertamanan dan Persampahan Drs ODS Mandagi, Kepala Badan Kepegawaian Daerah masna Pioh SSos dan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Theodorus Paat SIP. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment