Hari Ini, PWI Gelar Uji Kompetensi Wartawan di Kota Tomohon

Reporter : | 21 Mar, 2016 - 6:00 am WITA

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Utara Senin (25/3/2016) hari ini menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang dilaksanakan di Rumah Dinas Walikota Tomohon.

UKW itu sendiri menghadirkan tiga orang Tim Penguji dari PWI Pusat, masing-masing Usman Yatim, Direktur UKW PWI Pusat, Atal S Depari, Ketua Bidang Daerah PWI Pusat serta Supriyadi Alfian, Ketua PWI Provinsi Lampung.

Usman Yatim, Atal S Depari dan Supriyadi Alfian mengatakan, wartawan juga perlu untuk diuji kompetensi agar benar-benar menjalankan profesinya dengan baik dan benar.

‘’Dengan adanya uji kompetensi, si wartawan nantinya  akan mendapat pengakuan bahwa ia benar-benar telah berkompeten dengan profesinya,’’ kata ketiganya.

Dengan begitu tambah mereka, si wartawan mendapat pengakuan dari tentang profesi yang dia geluti, sebab saat ini banyak yang mengaku wartawan namun dalam menjalankan profesinya tidak seperti layaknya seorang wartawan.

Sementara Ketua PWI Sulawesi Utara Vouke Lontaan mengungkapkan,UKW yang dilaksanakan di Kota Tomohon merupakan yang keempat dilaksanakan di Sulawesi Utara.

‘’Pesertanya dari dua daerah yakni Kota Tomohon dan Kabupaten Bolmong Utara. Seluruhnya berjumlah dua puluh satu orang. Jadi, satu penguji tujuh peserta,’’ ujarnya.

Kota Tomohon mengutus 14 peserta sementara Kabupaten Bolmong Utara 7 peserta.

‘’Syaratnya, media dari peserta sudah berbadan hukum dan terdaftar di Dewan Pers,’’ tukas Lontaan.

Ketua Panitia Pelaksana John Paransi mengatakan, pihaknya sudha siap melaksanakan kegiatan tersebut. ‘’Ini wajib diikuti oleh wartawan karena dengan begitu ia mendapat pengakuan atau telah disertifikasi sehingga daam menjalankan tugasnya tidak lagi diragukan,’’ tukas Paransi. (ark)

Baca Juga :

Leave a comment