Tinggal Dilantik CEP-FDW, Sah Bupati Minsel Periode 2016-202

Reporter : | 26 Jan, 2016 - 7:57 pm WITA

Lima Komisioner KPU Minsel saat rapat pleno terbuka penetapan calon terpilih Bupati Minsel 2016-2021

Lima Komisioner KPU Minsel saat rapat pleno terbuka penetapan calon terpilih Bupati Minsel 2016-2021

AMURANG, (manadotoday.co.id) – Pasangan calon Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu – Frangky Donny Wongkar (CEP-FDW), akhirnya ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minsel sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih, pada rapat pleno penetapan pasangan calon terpilih Bupati dan Wakil Bupati Minsel periode 2016-2021, yang dilaksanakan di ruang meeting Hotel Sutan Raja Amurang, Selasa (26/1).

Ketua KPU Minsel Dr Fanley Pangemanan SIP MSi, pada rapat pleno tersebut mengatakan dilaksanakannya pleno penetapan calon terpilih, menyusul adanya keputusan MK soal sengketa Pilkada Minsel dengan perkara no 37/PHP-BUP-XIV/201, yang menolak gugatan pemohon yakni pasangan calon John Sumual – Anne Langi (JOS-Asli) terhadap tergugat KPU Minsel dengan pihak terkait pasangan calon nomor urut 1 Christiany Eugenia Paruntu – Frangky Donny Wongkar.

“Pleno dilakukan sebagaimana amanat PKPU nomor 11 tahun 2015 tentang penetapan hasil pemilihan, dan dilaskanakan sehari setelah ada putusan MK,” terang Pangemanan.

Dilaksanakannya pleno penetapan paslon terpilih, maka dengan demikian paslon nomor urut 1 CEP-FDW, kini sah sebagai Bupati dan Wakil Bupati Minsel periode 2016-2021 dan tinggal menunggu pelantikan oleh Gubernur Sulut terpilih nantinya.

“Untuk pelantikan, merupakan kewenangan DPRD Minsel mengusulkan ke Gubernur dan Mendagri,” imbuhnya.

“Dan terima kasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan seluruh tahapan Pilkada,” pungkas Pangemanan.

Sementara itu dikesempatan yang sama Calon Bupati terpilih Christiany Eugenia Paruntu (CEP) dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada Tuhan yang Maha Kuasa serta seluruh masyarakat Minsel yang telah mempercayakan paslon nomor urut 1 sebagai Bupati dan Wakil Bupati.

“Kemenagan ini adalah kemenangan seluruh masyarakat Minsel. Juga kepada dua paslon yakni Karel Lakoy – Fredy Rawis dan John Sumual – Anne Langi sebagai pejuang demokrasi. Sebab karena kalian kami bisa berada disini,” ujarnya sembari mengajak semua pihak untuk bersama-sama membangun dan mewujudkan Minsel berdikari cepat, terdepan, berbudaya dan sejahtera.

Diketahui hadir pada pleno tersebut Forkompinda, Panwaslu, sejumlah pejabat Pemkab Minsel serta undangan lainnya. Namun sayangnya, Penjabat Bupati Minsel Rene Hosang, tidak hadir pada pleno tersebut dan hanya diwakilkan kepada Sekertaris Daerah Danny Rindengan. (lou)

Baca Juga :

Leave a comment