Ini Faktor Kemenangan PaKar Menurut Akademisi Dr Ferry Liando SIP MSi

Reporter : | 14 Des, 2015 - 8:40 am WITA

PaKar , pilkada minsel, pikada 2015, Dr Ferry Liando SIP MSi

Dr Ferry Liando SIP MSi

AMURANG, (manadotoday.co.id) – Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Selatan (Minsel) nomor urut 1 Christiany Eugenia Paruntu – Frangky Donny Wongkar, yang akrab dengan sebutan PaKar, mampu meraup suara signifikan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember 2015 lalu, sehingga merajai perolehan suara di 15 Kecamatan dari 17 Kecamatan yang tersebar di Kabupaten Minsel.

Keberhasilan, pasangan yang diusung PDIP ini, meraih simpati masyarakat, menurut pengamat politik dan pemerintahan Dr Ferry Liando SIP MSi, dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya, reputasi Tetty Paruntu, yang baik, tidak pernah bermasalah dengan hukum atau terlibat kasus korupsi.

“Selain itu Tetty Paruntu memiliki jaringan atau relasi dengan dunia usaha sehingga banyak investasi yang masuk ke Minsel terlebih di Sulut. Dan janji saat Pilkada 2010 lalu dengan membangun infrastruktur sebagian besar sudah terealisasi,” katanya.

Factor lain yang menentukan PaKar dapat meraih suaara hiungga 67 persen, juga karena didukung Dua partai besar yakni PDIP dan Golkar sebagai pengumpul suara.

Meski secara struktural partai Golkar tidak mengusung PaKar, namun secara kultur kader Golkar tetap mendukung Tetty Paruntu, yang merupakan kader partai Golkar.

“Kerberhasilan lainnya diengaruhi calon wabup Frangky Wongkar, juga member andil . Sebab selwin kader PDIP terbaiuk di Minsel, Wongkar merupakan figur populis, santun dan bersih,” paparnya.

“Lainnya Tetty Paruntu, adalah incumbent yang menguasai birokrasi mulai dari SKPD hingga perangkat Keluarahan dan Desa, yang tanpa harus iomobilisasi pasti akan mendukung,” tambahnya.

Selain itu, tim sukses yang dibentuk PaKar, sangat solid dan baik serta sebagian besar memiliki reputaqsi yang baik, sehingga berhasil melakukan pendekatan dengan masyarakat sebagai pemilik hak suara.

“Atas reputasi yang baik dengan didukung oleh struktur dan kelembagaan tim sukses yang kuat, jangan heran masyarakat mengganjar PaKar dengan memilih sebagai Bupati dan Wabup periode 2016-2021,” tukas putra terbaik Minsel ini yang merupakan dosen di FISIP Unsrat. (lou)

Baca Juga :

Leave a comment