Sukses, Debat Publik Paslon Bupati dan Wakil Bupati Minsel

Reporter : | 10 Okt, 2015 - 9:32 am WITA

Paslon Bupati, pilkada Minsel, pilkada 2015,Minahasa Selatan AMURANG, (manadotoday.co.id) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa Selatan (Minsel), sukses menyelenggarakan agenda debat public yang diikuti oleh tiga pasangan calon (paslon) peserta pemilihan kepala daerah (pilkada) Minsel tahun 2015, yang dilaksanakan di ruang sidang DPRD Minsel, Jumat (9/10).

Dolvi Tutu salah satu Komisioner KPU Minsel, mengawali pelaksanaan debat public yang dimoderatori oleh Tommy Sumakul SH MH, yang diambil dari unsur akademisi, mengatakan bahwa debat public merupakan bagian tahapan kampanye, yang bertujuan menyebarluaskan, profil, program kerja dan visi misi paslon.

“Diharapkan debat public ini akan memberikan informasi yang konferenshif kepada seluruh masyarakat terlebih wajib pilih,” ujar Tutu.

Sementara itu Ketua KPU Minsel Fanley Pangemanan SIP MSi, saat membuka debat public ini, mengungkapkan apresiasi kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya tahapan pilkada.

“Jangan hanya beda pilihan di Pilkada, kita akan saling bermusuhan sehingga kebersamaan dan kekeluargaan dikesampingkan. Mari kita jaga keamanan, ketertiban dan bersama-sama mensukseskan seluruh tahapan Pilkada tahun 2015. Karena torang samua basudara,” imbuhnya.

“Terkait pelaksanaan debat paslon akan dilaksanakan tiga kali dan pelaksanaannya menyesuaikan dengan agenda KPU,” pungkasnya.

Di kesempatan yang sama Moderator debat public Tommy Sumakul, berharap debat public yang dilaksanakan KPU Minsel, akan jadi barometer pelaksanaan debat di Indonesia.

“Dalam debat mari kita ciptakan iklim demokrasi yang beretika dan santun,” himbau Sumakul dihadapan paslon dan tim pemenangan dan kampanye.

Diketahui, sebelumnya debat public paslon yang diikuti tiga paslon yakni nomor urut 1 Christiany Eugenia Paruntu – Frangky D Wongkar diusung PDIP, Karel Lakoy – Fredy Rawis diusung Partai Golkar dan John Sumual – Anne Langi diusung koalisi Gerindra – Demokrat, diawali dengan doa oleh Pdt Kesek MTh, dibagi dalam empat sesi yakni sesi pertama pemaparan Visi-Misi Paslon masing-masing diberi kesempatan empat menit, sesi kedua paslon menjawab pertanyaan yang dilontarkan Moderator, sesi ketiga masig-masing Paslon saling bertanya dengan waktu menjawab pertanyaan tiga menit dan sesi keempat masing-masing paslon memberikan himbauan dan ajakan memilih. (lou)

Baca Juga :

Leave a comment