Tiga Paslon Bakal Ramaikan Pilkada Minsel 2015

Reporter : | 21 Sep, 2015 - 12:03 pm WITA

AMURANG, (manadotoday.co.id) – Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) yang rencananya akan diselenggarakan pada 9 Desember 2015 mendatang, bakal diikuti oleh tiga pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati, menyusul dikabulkannya gugatan paslon John R Sumual – Anne Langi, oleh Panwaslu Minsel, yang diusung partai Demokrat –Gerindra, pada sidang sengketa Pilkada, Sabtu akhir pekan lalu.

Pada sidang sengketa Pilkada Minsel itu, Panwaslu Minsel dalam keputusannya, Mengabulkan permohonan pemohon untuk seluruhnya, Membatalkan Brita Acara Pleno KPU Minsel No 20/BA/KPU-MS/VIII-2015 tanggal 24 agustus 2015 tentang Partai Politik dan Pasangan Calon yang tidak memenuhi pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kab Minsel tahun 2015, Meminta kepada KPU Minsel menerbitkan Brita acara pleno yang ikut sertakan Pemohon sebagai Peserta Pemilu bupati dan wakil bupati kab minsel tahun 2015, Meminta KPU Minsel menuangkan hasil brita acara pleno dalam surat keputusan, serta meminta KPU Minsel menerbitkan Brrita acara pleno dan menuangkannya dalam surat keputusan tehitung 3 hari sejak keputusan ini dibacakan.

Salah satu Komisioner Panwaslu Minsel Franny Sengkey, mengungkapkan perihal surat rekomendasi dari Panwaslu Minsel, untuk paslon JOS – Anne Langi hanya ada 1 surat yang diterbtkan tanggal 15 Agustus. Sementara surat tertanggal 24 Agustus merupakan jawaban dari surat yang dikirimkan oleh KPU Minsel mengenai alamat surat.

“Intinya tak ada rekom kedua Panwaslu Minsel. Dan tidak ada rekom Panwaslu yang berisikan kalimat menggugurkan atau menggagalkan pasangan JOS-AL,” tandas Sengkey.

Diketahui paslon dua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Minsel, yang sudah ditetapkan KPU Minsel pada rapat pleno penetapan , bahkan telah mengantongi nomor urut yakni Bupati dan Wakil Bupati yakni Christiany Eugenia Paruntu – Frangky Donny Wongkar nomor urut 1 diusung PDIP dan nomor urut 2 yakni paslon Karel Lakoy – Fredy Rawis diusung partai Golkar.

Sedangkan paslon yang diusung Partai Demokrat-Gerindra JOS-Anne Langi, saat ini masih akan menunggu pleno KPU Minsel, baru kemudian resmi dinyatakan sebagai peserta Pilkada Minsel tahun 2015. (lou)

Baca Juga :

Leave a comment