Minahasa Selatan Miliki 100 Spot Situs Budaya

Reporter : | 19 Jun, 2015 - 9:39 am WITA

AMURANG, (manadotoday.co.id) – Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) ternyata merupakan salah satu daerah di Sulawesi Utara (Sulut) yang memiliki banyak situs budaya peninggalan para leluhur yang berumur ratusan tahun.

”Ya ada sekitar 100 spot situs budaya di Minsel, yang tersebar hampir di 17 Kecamatan, seperti Arca, Batu bersejarah, waruga, benteng pertahanan, goa peninggalan para pejuang kemerdekaan dan situs budaya lainnya, ” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Minsel Sonny Maleke, belum lama ini.

Hanya saja menurut Maleke, 100 spot situs budaya ini, masih sebagian yang dapat dinfentarisir, sementara sebagian masih dalam penelitian apakah situs tersebut memiliki nilai sejarah, arkeologis, estetis dan bernilai ekonomis tinggi.

”Dan situs-situs budaya ini nantinya akan dikembangkan sehingga nantinya bisa menjadi salah satu potensi wisata di Kabupaten Minsel, yang dapat menarik minat wisatawan,” ujarnya sembari menghimbau masyarakat yang tinggal di sekitar situs budaya agar peduli dan bersama-sama menjaga serta memlihara situs budaya dari ancaman pengrusakan oknum tak bertanggungjawab. (lou)

 

Baca Juga :

Leave a comment