Gelar Adat Tulude di Bitung Sukses

Reporter : | 02 Feb, 2015 - 8:58 am WITA

Adat Tulude, tulude bitung, bitung, Walikota Bitung ,Hanny Sondakh,BITUNG, (manadotoday.co.id) – Pesta Tulude atau gelar adat budaya Nusa Utara, dilaksanakan secara serentak di Delapan Kecamatan yang ada di Kota Bitung, Sabtu akhir pekan kemarin, berlangsung aman, sukses dan lancar.

Walikota Bitung Hanny Sondakh, saat mengikuti perayaan Tulude di Kecamatan Aertembaga dan Kecamatan Madidir, mengajak warga yang hadir dapat melestarikan budaya sebagai jati diri bangsa .

“Dengan perayaan Tulude ini, mari kita memohon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, agar menjauhkan kita dari segala hal yang mendatangkan keburukan di tahun yang telah lewat dan tahun yang alkan kita jalani,” kata Sondakh.

bitung, tulude

Wakil Walikota Max Lomban saat menghadiri Tulude di Kecamatan Ranowulu

Disamping itu Sondakh, juga menghimbau agar warga tetap menjaga persatuan dan persaudaraan sebagai warga kota Bitung, masyarakat Sulawesi Utara, dan sebagai warga negara Indonesia.

bitung, tulude

Sekkot Bitung Edison Humiang saat menghadiri Tulude di Kecamatan Lembeh Utara

“Pesta adat Tulude yang sarat nuansa religi kiranya menjadi kekuatan untuk menciptakan kehidupan yang rukun dan damai. Karena kerukunan merupakan kekuatan yang wajib kita pelihara dan kita jaga bahkan kita tingkatkan dan kembangkan hingga anak cucu” tutup Sondakh.

Diketahui pada acara Tulude ini, Wakil Walikota Max Lomban, mengikuti gelar syukur Tulude di Kecamatan Ranowulu tepatnya di Kelurahan Batuputih dan Kelurahan Girian Weru II Kecamatan Girian, sedangkan Sekertaris Kota Bitung Edison Humiang yang juga Ketua Ikatan Keluarga Sanger Sitaro Talaud (IKSSAT) Kota Bitung, menghadiri gelar adat Tulude di Lembeh Utara, dan yang menjadi Tembonang Banua dipercayakan kepada masing-masing Camat. (lou)

Baca Juga :

Leave a comment