Dinsos Mitra Fasilitasi Penyaluran KKS Bagi 363 KPM Kecamatan Ratahan

Dinsos Mitra Fasilitasi Penyaluran KKS Bagi 363 KPM Kecamatan Ratahan

RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) melalui Dinas Sosial (Dinsos) memfasilitasi penyaluran KKS (Kartu Keluarga Sejahtera) bagi 363 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Kecamatan Ratahan di Kantor Dinas Sosial, Selasa (26/10/2021).

Bekerja sama dengan Bank Mandiri, kegiatan penyaluran KKS dan pembukaan rekening baru yang merupakan persyaratan penerimaan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Sembako mulai dilakukan dan diawali dengan KPM di Kecamatan Ratahan.

“Hari ini dilakukan penyaluran KKS dan pembukaan rekening baru bagi 363 KPM di Kecamatan Ratahan. Nantinya penyaluran akan dilanjutkan untuk kecamatan lain secara bertahap,” ungkap Kepala Dinas Sosial Mitra, Franky Wowor, melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin, Yunita Komaling.

Penyaluran secara bertahap ini guna mencegah kerumunan dan pelaksanaannya juga tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Lanjut dijelaskannya, penyaluran ini dilakukan menyusul adanya penambahan kuota di Kabupaten Mitra sebanyak 4.572 KPM dalam program BPNT, yang dimulai sejak bulan Juli, Agustus, dan September.

Penambahan kuota KPM untuk BPNT Sembako ini dimungkinkan karena ada perluasan dari Kementerian Sosial, sedangkan untuk data diambil dari setiap desa.

“Penerima BPNT di Mitra saat ini sudah bertambah menjadi 9.371 KPM. Awalnya hanya berjumlah 4.799, namun karena ada perluasan, ada penambahan kuota sebesar 4.572 KPM,” katanya.

Usai penyaluran dan penyerahan rekening, maka saldo langsung akan langsung di top up ke KKS. Uang yang masuk terhitung dari Juli hingga September atau tiga bulan, dengan total Rp600 ribu yang siap digunakan untuk bertransaksi.

“Untuk program sembako ini terdiri dari pengambilan bahan makanan yang berbentuk protein, baik beras, telur, kacang, ikan, dan buah-buahan,” ujarnya.(ten)

Leave A Reply

Your email address will not be published.