943 Calon PPS Minahasa Tenggara Jalani Tes Wawancara

943 Calon PPS Minahasa Tenggara Jalani Tes Wawancara

RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa Tenggara (Mitra) menggelar tes wawancara kepada 943 calon (Panitia Pemungutan Suara) PPS pada tanggal  18-19 Januari 2023.

Tes wawancara yang dilaksanakan di masing-masing kecamatan ini, melibatkan seluruh PPK yang bertindak sebagai penguji.

Ketua KPU Mitra Mitra, Wolter Dotulong mengatakan, tes wawancara tersebut adalah proses terakhir dalam tahapan pembentukan PPS untuk menentukan siapa saja yang terpilh.

“Ini sudah menjadi syarat utama dalam tahapan pembentukan badan adhoc PPS. Tes wawancara adalah penentuan akhirnya,” ujar Dotulong.

Dia menambahkan, KPU melibatkan PPK tiap kecamatan untuk bertindak selaku penguji pada tes wawancara di masing-masing kecamatan.

“Dalam aturan mengatur dan memperbolehkan PPK untuk menjadi penguji dalam tes wawancara calon PPS. Dan ini juga sebagai perintah untuk membantu KPU dalam proses pembentukan PPS. Tes wawancara ini diljadwalkan dua hari pelaksanaannya,” tuturnya.

Terpantau, pada hari pertama pelaksanaan tes wawancara, seluruh calon PPS terlihat antusias.

Sementara, Ketua PPK Kecamatan Pasan Franky Pandean mengatakan, dirinya mengapresiasi semangat dan kesabaran seluruh calon PPS.

“Mereka rela menunggu giliran tes sejak pagi hari hingga selesai proses tes dengan perasaan yang bercampur aduk. Ada yang gugup, cemas, gelisah dan ada yang santai,” tandasnya.(*ten)

Leave A Reply

Your email address will not be published.