Ini Segelintir Fokus Kerja AARS di Tahun 2023

Ini Segelintir Fokus Kerja AARS di Tahun 2023

MANADO, (manadotoday.co.id) – Pemkot Manado dibawah kepemimpinan Wali Kota Andrei Angouw dan Wakil Wali Kota dr. Richard Sualang menggelar konferensi pers bertajuk Evaluasi Program Tahun 2022 dan Rencana Program Tahun 2023 bertempat di salah satu kafe di Tikala, Rabu (26/1/2023).

Ada beberapa hal yang menjadi bahan evaluasi Pemkot Manado selama tahun 2022, diantaranya masih soal sampah, peningkatan fasilitas sekolah, sektor kesehatan yakni pengoperasian RSUD dan BPJS hingga PAD serta bantuan sosial.

Terkait masalah sampah yang juga menjadi perhatian insan pers saat sesi tanya jawab. Menurut Angouw, pihaknya terus berusaha membenahi pengelolaan sampah di Kota Manado. Menurut dia, salah satu kendala yang dihadapi terkait sampah yakni ketersediaan armada pengangkutnya.

“Akan dicari takaran yang pas berdasarkan volume sampah per hari yang dihasilkan warga masyarakat di Kota Manado. Juga akan diidentifikasi tempat-tempat sampah yang tidak terjangkau oleh armada sampah,” ujar wali kota.

Sementara terkait bantuan sosial (bansos), wali kota memastikan Bansos akan disalurkan tepat sasaran kepada mereka yang kurang mampu.

“Akan ditegaskan lewat kriteria-kriteria jelas yang tidak ditentukan oleh Lurah atau Ketua Lingkungan tapi ditentukan oleh Dinas Sosial. Demikian halnya dana duka, akan diatur berdasarkan kriteria yang benar-benar berhak menerimanya, bukan karena faktor kedekatan dengan aparat,”tuturnya.

Sementara Wakil Wali Kota dr. Richard Sualang menambahkan beberapa hal terkait RSUD dan pemanfaatan BPJS. Selain itu kata dia, pemerintah berhasil menurunkan angka kemiskinan di Kota Manado.

“Sekarang berkisar 25-28 ribu orang,”kata dia.

Selain itu, Pemkot Manado tahun 2023 ini masih akan terus berupaya meningkatkan PAD dengan akan dibuatkan Perda terkait pajak daerah yang baru serta memaksimalkan potensi-potensi yang ada termasuk penerimaan dari sektor parkir yang ada di Kota Manado.

“Untuk PD Pasar Manado mungkin Rp5 sampai Rp10 M tahun ini bisa mereka setor PAD ke Pemkot Manado,”kata Angouw.

Sektor kesehatan, pendidikan hingga kesejahteraan masih akan menjadi fokus AARS di thaun 2023 ini.

Keduanya pun berharap kepada para insan pers agar terus mendukung program kerja Pemkot Manado selama tahun 2023 untuk meningkatkan program pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

“Tentunya kami berharap teman-teman pers dapat mendukung program Pemkot Manado dengan ikut mensosialisasikan program yang ada dengan produk-produk jurnalistik yang berkualitas lewat kemitraan yang harapannya terjalin makin baik ke depan,”pungkas Wali Kota Andrei Angouw.

Turut hadir Sekretaris Daerah Micler Lakat serta Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Erwin Kontu bersama jajaran.(ryan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.