Bupati Minahasa Teken MoU Implementasi Kota Cerdas 2021

Minahasa, ROR, smart city, Kementerian Kominfo
Penandatanganan MoU Implementasi Smart City 48 daerah di Indonesia

MINAHASA, (manadotoday.co.id)—Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi (ROR) Kamis (20/5/2021) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan tentang Implementasi Kota Cerdas (Smart City) tahun 2021 disaksikan Menteri Kominfo Johnny G Plate.

Penandatanganan MoU yang dilaksanakan secara virtual itu sendiri dilakukan 48 Kabupaten dan Kota di Kawasan Pariwisata Prioritas Nasional dan Kawasan Ibu Kota Negara Baru termasuk Kabupaten Minahasa.

Saat menandatangani MoU tersebut, bupati didampingi Asisten II Sekdakab Minahasa Ir Wenny Talumewo MSi, Kepala Dinas Kominfo Minahasa Agustivo Tumundo SE MSi, Kabid E-Gobernment Diskomifo Gogen Ngantung SE dan jajaran serta personil R3D Minahasa Command Centre.

Dalam sambutannya, Menteri Kominfo Johnny G Plate mengatakan, penandatanganan MoU antara Kementerian Kominfo dengan Kepala Daerah dari 48 Kota dan Kabupaten di Kawasan Pariwisata Prioritas dan Ibu Kota Negara Baru ini merupakan titik tolak penting bagi perluasan inisiasi Kota Cerdas (Smart City) dan juga untuk pengembangan sektor pemerintahan digital Indonesia.

”Sejak tahun 2017, Kementerian Kominfo bersama dengan beberapa Kementerian dan Lembaga terkait lainnya telah menginisiasi Gerakan Menuju Smart City di 100 Kabupaten dan Kota. Saat ini, program tersebut telah memasuki masa evaluasi. Tahun ini, kami melanjutkan inisiasi Gerakan Menuju Smart City tersebut dengan memperluas pendampingan pengembangan Kota Cerdas di kawasan pariwisata prioritas nasional dan kawasan ibu kota negara baru, yang tentunya perlu kita sukseskan bersama,’’ kata Menteri.

Program yang ditandatangani meliputi 6 pilar utama Smart City yaitu Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society dan Smart Environment. Perluasan Gerakan Menuju Smart City ini akan semakin meneguhkan kebangkitan sektor digital Indonesia.

Data Badan Pusat Statistik, sektor informatika dan komunikasi kembali tercatat sebagai sektor dengan pertumbuhan tertinggi hingga 8,72 persen year-on-year di Kuartal Pertama tahun 2021, setelah di tahun 2020 lalu mengalami pertumbuhan hingga dua digit pada angka 10,58 persen cumulative-to-cumulative.

Bupati Minahasa ROR menyampaikan rasa syukur atas terpilihnya Kabupaten Minahasa dalam Program Smart City tahun 2021 ini.

‘’Selanjutnya Kementerian Kominfo akan melakukan pendampingan dalam penyusunan master plan serta mendukung upaya Pemkab Minahasa dalam program Smart City ini,’’ tukas bupati yang dalam hari yang sama diwisuda Insinyur Profesi Utama (IPU) di Program Studi Profesi Insinyur Universitas Sam Ratulangi Manado dengan predikat Cum laude. (ark)

Leave A Reply

Your email address will not be published.