Bupati Minahasa Serahkan Perbup RDTR ke Kementerian ATR/BPN RI

Minahasa, Royke Octavian Roring, Kementerian ATR/BPN RI
Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi menyerahkan Dokumen RDTR Kawasan Pariwisata Tombariri ke Kementerian ATR/BPN RI

JAKARTA, (manadotoday.co.id)–Peraturan Bupati (Perbup) Minahasa tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kawasan Pariwisata Tombariri Senin (9/1/2023) diserahkan oleh Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi saat melakukan kunjungan kerja ke Kementerian ATR/BPN RI.

Dokumen Perbup RDTR Kawasan Pariwisata Tombariri yang merupakan Perbup RDTR Pariwisata pertama di Sulawesi Utara (Sulut) tersebut diterima Direktur Perencanaan Tata Ruang Daerah Wilayah II Direktorat Jenderal Tata Ruang Rahma Julianti ST MSc di Gedung Kementerian ATR/BPN RI.

”Ini merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Minahasa untuk memajukan kawasan strategis pariwisata yang nantinya disinkronkan dengan sistem OSS RBA sebagai dasar dalam pemberian Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang,” kata bupati.

Perbup Nomor 64 Tahun 2022 tersebut lanjut bupati, berfungsi sebagai kendali mutu pemanfaatan ruang wilayah, acuan bagi kegiatan pemanfaatan ruang yang lebih rinci dari kegiatan pemanfaatan ruang yang diatur Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), acuan bagi kegiatan pengendalian pemanfaatan ruang, acuan bagi penerbitan izin pemanfaatan ruang dan acuan dalam penyusunan RTBL.

RDTR itu sendiri tambah bupati, merupakan dokumen strategis dalam pelaksanaan perizinan berusaha yang akan mendorong pemulihan ekonomi nasional melalui percepatan investasi.

Isu-isu kewilayahan sudah terakomodasi dalam rencana pola ruang, struktur ruang, dan peraturan zonasi RDTR yang  menjadi acuan teknis pelaksanaan pembangunan di Kawasan Pariwisata Tombariri. Banyak potensi di kawasan tersebut yang bisa dikembangkan untuk kesejahteraan rakyat.

”Sangat diharapkan kerja sama yang baik antar stakeholder di Minahasa karena ini berdampak langsung terhadap kehidupan masyarakat,” kata Bupati Roring.

Mendampingi bupati saat menyerahkan Perbup RDRT, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Daudson Rombon ST, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jeffry Tangkulung SH MAP, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Drs Arthur Palilingan MAP, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim)Johnny Tendean AP MAP, Kepala Bagian Umum Lonna Wattie SSTP, Kepala Bidang Tata Ruang Margriet Pontororing ST, Kepala Bidang Cipta Karya Wira Paendong ST, para staf khusus dan RR-RD Command Center. (ark)

Leave A Reply

Your email address will not be published.