Ini Penjelasan Gloria Wuwungan Terkait Covid-19

Ini Penjelasan Gloria Wuwungan, Terkait Covid-19RATAHAN, (manadotoday­.co.id) – Melihat perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia khususnya Provinsi Sulawesi Utara, terlebih khusus di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra),  Juru Bicara Satgas Covid-19 Minahasa Tenggara (Mitra) Gloria Wuwungan menyampaikan, setiap pelaku perjalanan yang datang dari luar daerah WAJIB melapor kepada Pemerintah Desa atau Petugas Kesehatan atau Relawan Covid dan WAJIB melakukan Isolasi/Karantina diri selama 14 hari yang akan di pantau oleh Petugas Kesehatan maupun Relawan Covid dan Aparat setempat.

“Jadi setiap pelaku perjalanan yang memiliki gejala covid seperti demam, batuk, pilek, sesak napas, dan lain-lain WAJIB menyampaikan gejala yang ada kepada petugas kesehatan di Puskesmas (bisa melalui relawan Covid), agar mendapat penanganan selanjutnya, sehingga dapat mencegah terjadinya gejala berat yang dapat berakibat pada kematian,”ujar Gloria, Rabu (15/4/2020).

Selain itu, Gloria berharap masyarakat untuk saling memberikan dukungan dan tidak melakukan tindakan diskriminatif terhadap para pelaku perjalanan, ODP, PDP, maupun Pasien Konfirmasi Positif beserta keluarga mereka, agar orang-orang dengan kategori tersebut mau terbuka dan menyampaikan keadaannya kepada Petugas Kesehatan secara transparan.

“Covid-19 bukanlah AIB yang harus disembunyikan. Oleh karena itu, marilah kita saling memberi dukungan, baik kepada pemerintah, kepada petugas kesehatan, kepada pihak-pihak yang terlibat dalam upaya pencegahan Covid-19, bahkan dukungan kepada para pelaku perjalanan, ODP, PDP, maupun Pasien Konfirmasi Positif,”terangnya.

Gloria menambahkan, satu-satunya cara agar kita terhindar dari penularan Covid -19 yaitu dengan melakukan upaya-upaya pencegahan seperti physical distancing dan perilaku hidup bersih dan sehat. Hanya itu kuncinya dan hal ini perlu terus disosialisasikan kepada seluruh elemen masyarakat agar tidak terjadi keresahan dan kepanikan yang berlebihan.

“Sekali lagi, kuncinya hanyalah physical distancing dan PHBS untuk itu marilah bersikap bijaksana dalam menyikapi keadaan Pandemi seperti ini. Jangan panik, jangan saling menyalahkan, dan jangan saling mencari kesalahan. Jangan menyebarkan informasi yg tidak benar, agar tidak menimbulkan keresahan. Jangan memperkeruh keadaan, dan janganlah mempersulit upaya pemerintah maupun tenaga kesehatan dalam mencegah penularan Covid-19,” tukasnya.

Yang terpenting, kata Gloria tetap mintalah kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar kita dihindarkan dari segala marabahaya dan sakit penyakit.

“Bersama kita bisa mencegah Covid-19 Tuhan kiranya menyertai dan melindungi kita semua,”ucap Jubir Covid-19 Mitra.(ten)