Wagub Kandouw: Puji Tuhan, Warga Sulut di Wamena Aman, Sehat dan Tentram

Wakil Gubernur Sulut
Wakil Gubernur Sulut Steven O.E. Kandouw.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) bergerak cepat memfasilitasi warga kawanua yang terdampak kerusuhan di Wamena Papua beberapa waktu lalu dengan mengirimkan tim ke lapangan untuk menyalurkan bantuan yang diperlukan pengungsi.

Tim yang dikirim Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD – SK) dibawah koordinasi Kaban Kesbangpol Mecky Onibala, Kepala BPBD Joy Oroh, Karo Pemerintahan Jemmy Kumendong.

“Dari laporan tim yang kami kirim, puji Tuhan semua warga Sulut di Wamena dalam keadaan aman, sehat dan tentram,” ujar Wagub Kandouw, Selasa (8/10/2019).

Disampaikannya, bantuan yang diberikan kepada warga Sulut berupa bantuan makanan dan minuman, serta bantuan lainnya. Bantuan itu didistribusikan kepada warga Sulut yang mengungsi di Wamena.

“Untuk bantuan lainnya seperti bantuan natural dan keuangan semua sudah dicover,” tukas Kandouw.

Lanjut Kandouw, sesuai perintah Gubernur Olly Dondokambey, tim juga akan kembali ke Wamena dalam waktu dekat ini untuk mengangkut warga Sulut yang ingin pulang ke kampung halaman di Sulut.

“Warga Sulut yang ingin pulang, kita siapkan pesawat Hercules bekerjasama dengan pihak TNI AU. Pesawat ini gratis atau tidak dipungut biaya,” tandasnya.

Kandouw juga meminta kepada warga Papua yang ingin menimba ilmu di Sulut agar tidak perlu khawatir.

“Kami menyambut baik. Tetap kita satu keluarga ciptaan Tuhan. Silahkan kembali melanjutkan studi kalian disini. Tak ada dendam diantara kita. Orang Papua yang ada di Sulut boleh anggap kampung halaman sendiri. Jadi tak usah ragu berada di Sulut,” pungkasnya. (ton)