Minahasa Sukses Gelar Asia Easter Celebration 2018

Minahasa Sukses Menggelar Asia Easter Celebration 2018Minahasa Sukses Menggelar Asia Easter Celebration 20189UNTUK kesekian kalinya, Pemkab Minahasa mendapat kepercayaan menggelar event nasional bahkan internasional. Jika pada tahun 2017, Minahasa dipercaya menggelar Paskah Nasional, di tahun 2018, kepercayaan itu meningkat menjadi pelaksana Paskah Internasional yang dihadiri para pemuda dari 24 negara di Asia, serta ribuan umat Kristen di Sulawesi Utara, pada Minggu (8/04/2018) di stadion Maesa Tondano.

Kegiatan Asian Ecumenical Youth Assembly dan Asia Easter Celebration yang digelar ada 6-13 April 2018, dihadiri oleh Menetri Hukum dan HAM RI Dr Yasona Laoly, yang dalam pesan Paskah mengatakan peringatan Paskah merupakan kemenangan bagi manusia.

“Tahun lalu saya hadir di sini untuk Paskah Nasional. Dan karena perintah Gubernur Sulut saya hadir di sini,” ujar Laoly.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE, mengatakan perayaan Paskah di Sulawesi Utara yang dihadiri oleh pemuda di 24 negara merupakan kegiatan yang memiliki nilai religi bagi kehidupan pemuda yang cinta Tuhan.

Minahasa Sukses Menggelar Asia Easter Celebration 20181 Minahasa Sukses Menggelar Asia Easter Celebration 20186“Paskah merupakan momentum yang sangat fundamental dalam rangkah menciptakan pemuda yang berkualitas dan berimankan Kristus selaku kepala gereja,” tukas Olly.

Ibadah Paskah dipimpin oleh Ketua PGI Pdt Dr Henriette Tabita Huttabarat Lebang dengan mengambil bacaan dalam kitab Efesus 4:8-11. Dalam khotbahnya, Lembang mengatakan kebangkitan Kristus menandakan kemenangan Kristus atas dosa dan maut, sehingga kita manusia hidup dalam hidup yang baru. Iman Kristus kiranya memberi semangat bahwa segala persoalan seberat apapun dapat diselesaikan.

“Kita harus bisa saling mengampuni agar kita bisa berdamai dengan Allah. Kita dipanggil untuk menjadi terang Allah bagi manusia,” ujarnya.

Minahasa Sukses Menggelar Asia Easter Celebration 20188 Minahasa Sukses Menggelar Asia Easter Celebration 20182Lanjut Lembang, dewasa ini jangan gunakan gadget untuk kemarahan, tapi gunakan untuk menebar kebaikan dan kebenaran dan jangan sampai juga membuat hubungan kita sebagai anak dengan orang tua menjadi tidak baik.

“Gereja harus menjadi pemersatu di tengah perbedaan. Karena kita semua adalah ciptaan Tuhan. Perbedaan merupakan kekayaan yang harus dijaga dan disyukuri,” tukas Lebang.

Kemudian, Bupati Minahasa Drs Royke H Mewoh DEA, mengaku bangga dan bersyukur atas kesuksesan Kabupaten Minahasa menjadi tuan dan nyonya rumah yang baik atas penyelenggaraan Paskah Internasional ini.

Minahasa Sukses Menggelar Asia Easter Celebration 20183 Minahasa Sukses Menggelar Asia Easter Celebration 20185“Terima kasih kepada seluruh Aparat Sipil Negara serta warga Minahasa yang telah turut serta mempersiapkan serta mendoakan terselenggaranya event internasional ini. Kita sangat bersyukur sebab dalam kurun waktu beberapa tahun ini Kabupaten Minahasa selalu ditunjuk sebagai pelaksana event berskala nasional dan internasional. Terima kasih Pak Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara atas kepercayaan yang diberikan untuk Kabupaten Minahasa,” tutur Bupati.

Dia pun mengucap syukur atas kasih Tuhan, di mana saat khotbah berlangsung langit diliputi awan gelap pekat sebagai pertanda hujan akan turun, namun kuasa Tuhan sangat nyata di mana Tuhan sangat memberkati acara ini, sehingga begitu khotbah paskah selesai cuaca berubah menjadi terang oleh sinar matahari.

Minahasa Sukses Menggelar Asia Easter Celebration 20184 Minahasa Sukses Menggelar Asia Easter Celebration 20187Acara dimeriahkan oleh penampilan Regina dan Joy Tobing Indonesia Idol, dilanjutkan dengan pawai atau selebrasi Paskah oleh semua peserta ibadah paskah yang terdiri dari para pemuda GMIM dan kendaraan hias paskah.

Turut hadir Wagub Sulawesi Utara Steven O Kandouw, Forkopimda Sulut, Ketua TP PKK Sulut, para pejabat Pemprov Sulut, Sekda Minahasa Jeffry R Korengkeng SH M.Si, Ketua TP PKK Minahasa, forkopimda Minahasa, para pejabat kabupaten Minahasa, Ketua BPMS GMIM Pdt Dr H Arina, Ketua Pemuda GMIM serta tamu dari luar negeri dan para undangan. (rom)