Bupati dan Ibu Coklit di Leilem 2

rorSONDER, (manadotoday.co.id) –  Pencocokan dan penelitian (Coklit) sebagai salah satu tahapan  pemilihan umum penting dijalankan warga negara. Sebab, masyarakat yang punya hak pilih bisa mengecek apakah namannya masuk dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) atau belum.

Hal itu disampaikan Bupati Minahasa Dr. Ir. Royke Octavian Roring Msi, saat ikut melakukan Coklit di kediaman pribadi di desa Leilem 2, Kecamatan Sonder, Senin (27/7/2020).

Putra Sonder pertama yang menjadi bupati Minahasa itu datang bersama Ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa  Ny Fenny Roring-Lumanauw SIP.

Selama ini terkait dengan rutinitas sebagai orang nomor 1 di Minahasa mengharuskan Bupati  tetap tinggal di rumah dinas di Sasaran, Tondano.

Diketahui, Coklit tengah dijalankan oleh Panitia Pemutahiran Data Pemilih (PPDP)  dengan mendatangi pemilih secara langsung. Agendanya terhitung sejak 15 Juli hingga 13 Agustus 2020.

Dan, itu juga yang dilakukan Bupati bersama ibu yang  tercatat dalam kependudukan di desa Leilem 2.

“Ini nantinya akan menentukan bagi penyelengara Pemilu dalam hal ini KPU untuk memastikan pemilih tetap. Jadi Coklit penting,”  tandas Roring.

KPU sendiri menggelar 2 kegiatan selain Gerakan Coklit Serentak juga ada yang namanya  Gerakan Klik Serentak.

GKS sendiri adalah kanal situs online produk KPU yang bisa diakses masyarakat yang  telah diluncurkan 15 Juli 2020. Websitenya, lindungihakpilihmu.kpu.go.id.

Lewat laman di dunia maya itu pula maka masyarakat pemilih bisa mengecek kesesuaian data Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4).

Pada hajatan nasional 9 Desember 2020 ini tercatat ada 270 daerah melaksanakan pemilihan serentak. Rincian 9 provinsi, 37 kota dan 224 kabupaten.

Ikut menyaksikan  Coklit bupati dan ibu di Leilem 2, selain masyarakat setempat juga  Camat Sonder Denny Mangundap SS serta Hukum Tua Leilem 2 Roby Sela.

Juga para personil Polsek Sonder di antaranya Kanit Intel Petrix Mantiri. Tak terkecuali pihak Panitia Pemilihan Kecamatan Sonder. (rm)

Add Comment