Bupati Minahasa Resmikan Desa Kanonang Satu Sebagai Kampung Mapalus Tangguh Covid-19

kampung tangguh
Bupati Minahasa Royke Octavian Roring (ROR) bersama jajaran Forkopimda dan sejumlah pejabat Pemkab Minahasa, ketika meresmikan Desa Kanonang Satu Kecamatan Kawangkoan Barat sebagai Kampung Mapalus Tangguh Covid-19.

TONDANO, (manadotoday.co.id) – Bupati Minahasa Royke Octavian Roring (ROR) meresmikan Desa Kanonang Satu Kecamatan Kawangkoan Barat sebagai Kampung Mapalus Tangguh Covid-19, Kamis (2/7/2020).

Peresmian ditandai dengan pemukulan Tetengoren bersama jajaran Forkopimda Minahasa, dan dilakukan penyerahan bantuan kepada para hukum tua dan perangkat desa se-Kanonang Raya berupa handzanitizer, masker, faceshield, dan vitamin.

ROR dalam sambutannya menuturkan, pandemi Covid-19 sudah empat bulan. Pemerintah terus berusaha menyampaikan dan mensosialisasikan kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan, yakni jaga jarak, pakai masker, cuci tangan, sediakan handsanitizer, sesampai dirumah harus segera membersihkan diri.

Menurut ROR, di Minahasa total akumulasi pasien positif Covid-19 sebanyak 121 orang. Dari total kasus tersebut, sudah banyak juga pasien yang dinyatakan sembuh.

“Kita terus berusaha bersama-sama forkopimda untuk pencegahan penyebaran Covid-19. Salah satunya, akan menyiapkan dua set alat yang bisa dipakai untuk test covid-19. Agar kita tidak menunggu lama hasil test covid lagi,” ujarnya.

“Puji Tuhan di Minahasa sudah banyak pasien yang sembuh dan diterima oleh masyarakat, keluarga dan tokoh-tokoh agama. Ini membuktikan Minahasa menjadi contoh dalam kerukunan dan kebersamaan masyarakat. Tidak ada yang ditolak, dan ini bukti bahwa kita betul-betul menerapkan yang namanya torang samua basudara, torang samua ciptaan Tuhan,” terang ROR.

Pada kesempatan itu, ROR memberi apresiasi kepada pemerintah Desa Kanonang Raya dan beberapa Desa yang ada sering mendapat penghargaan.

“Kanonang betul-betul menjadi contoh, hukum tua dan perangkat desa kanonang satu bisa menjadi contoh bagi desa-desa yang ada di kabupaten Minahasa. Contohnya untuk pemanfaatan BLT juga dikelola secara maksimal oleh desa Kanonang Satu,” tukasnya.

ROR menambahkan, seluruh warga Minahasa diharapkan tetap mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah, dalam persiapan memasuki new normal.

Turut hadir pada kegiatan itu, Kapores Minahasa AKBP Denny Situmorang, Kejari Minahasa Rahmat Budiman Taufani, Ketua Pengadilan Negeri Tondano Iko Sudjatmiko, Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Minahasa Denny Mangala, Jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa, Camat Kawangkoan Barat Meidie Keintjem, Hukum Tua Kanonang Satu Lucky Kasenda, para Hukum Tua dan Perangkat Desa. (rom)

Add Comment