Kenali Zona Merah, Penyebab Pembukaan Kembali Mal di Manado Tertunda

Kenali Zona Merah, Penyebab Pembukaan Kembali Mal di Manado Tertunda (foto: Ist)
Kenali Zona Merah, Penyebab Pembukaan Kembali Mal di Manado Tertunda (foto: Ist)

MANADO, (manadotoday.co.id) – Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara akhirnya dimasukan dalam Zona Merah oleh Satgas Covid-19 Pusat. Wilayah yang masuk Zona Merah, merupakan penanda bahwa wilayah tersebut terbilang tingkat persebaran atau penularan virus Corona masih tinggi di masyarakat.

Dilansir dari New England Complex Systems Institute, istilah zona tersebut digunakan untuk memantau dan merespons wabah agar lebih efektif. Ada empat kode zona, yakni Zona Hijau, Kuning, Oranye, dan Merah.

Zona Merah, artinya masih ada kasus Covid-19 pada satu atau lebih klaster dengan peningkatan kasus yang tinggi. Dalam kasus ini, diperlukan protokol kesehatan yang serius, seperti menutup sekolah, tempat ibadah, dan bisnis.

Selain itu, membatasi perjalanan hanya untuk tujuan penting. Memberlakukan lockdown (karantina) bagi komunitas yang telah terinfeksi virus corona dan menjaga orang-orang tetap berada di rumah dan membatasi kontak fisik.

Ditetapkannya Kota Manado sebagai Zona Merah, membuat Wali Kota G.S Vicky Lumentut tidak mau ambil resiko untuk kembali membuka area pusat perbelanjaan (mal). Padahal sebenarnya direncanakan mal akan beroperasi mulai Rabu (1/7) hari ini.

“Dengan adanya informasi tadi malam saya akan evaluasi dulu, apakah akan memberi izin atau tidak. Dengan status masih naik dan informasi Zona Merah tersebut mengharuskan masyarakat tinggal di rumah belum boleh berkumpul, ini menjadi salah satu alasan kami belum izinkan,”kata wali kota, Selasa (30/06) tadi malam.

Padahal sebelumnya, Pemkot Manado dan pengelola mal telah beberapa kali melakukan vicon untuk membahas rencana tersebut. Pemkot Manado bahkan juga telah sepakat bersama Pemprov Sulut untuk melakukan uji coba pembukaan Mall. Namun hal tersebut harus tertunda karena penetapaan Zona Merah.

“Dengan kondisi seperti ini (zona merah) Pak Gubernur juga tau langkah apa yang harus dilakukan di Kota Manado, zona ini yang membuat kita berpikir lagi untuk melakukannya,” tukas Ketua Dewan Pengawas Apeksi ini.(ryan)

Add Comment