LPM Tomohon Terus Peduli Penanggulangan Covid-19

Wali Kota, Ketua DPRD, Ketua LPM Tomohon dan peserta Webinar
Wali Kota, Ketua DPRD, Ketua LPM Tomohon dan peserta Webinar

TOMOHON, (manadotoday.co.id)—Setelah menyalurkan bantuan pangan, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Tomohon kembali menunjukkan kepeduliannya di tengah Pandemi Covid-19 dengan menggelar Webinar bertajuk ‘’Masyarakat Berdamai dengan Covid-19 di Era New Normal’’ Minggu (7/6/2020).

Kegiatan yamg dibuka Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak CA dikuti masyarakat baik dari Tomohon, Manadoo dan sekitarnya, pengurus LPM Tomohon bahkan ada dari pengurus LPM kabupaten dan kota daerah lainnya di Indonesia seperti Ketua LPM Kotas bandung Jawa Barat dan Sekretaris LPM Kabupaten Siujunjung Sumatra Barat.

Pemateri dalam kegiatan adalah Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak CA, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Tomohon masing-masing Ketua DPRD Djemmy J Sundah SE, Kapolres AKBP Bambang Ashari Gatot SIK MH, Kajari Imanuel R Hot SH MH, Dandim 1302/Minahasa Letkol Inf Slamet Raharjo SSos MSi, Ketua Pengadilan Negeri Tondano diwakili Hakim Laode A Kasir SH dan Dekan Fakultas Kedokteran Unsrat Manado Dr dr Billy J Kepel MMedSc. Sebagai moderator Webinar adalah Wakil Ketua LPM Tomohon AKP John Rumate SSos.

Dalam materinya, Wali Kota Tomohon meminta agar masyarakat berperan dalam penanggulkangan Covid-19 dengan terus mengikuti, meamtuhi imbauan, anjuran pemerintah serta Maklumat Kapolri dan Maklumat Wali Kota Tomohon.

‘’Sebagai pemerintah, menjadi tugas kami untuk terus mensosialisasikan protokol kesehatan dalam menangani Covid-19. Butuh kesadaran masyarakat untuk melaksanakannya,’’ ujar Eman seraya menambahkan, ini merupakan topik penting di masyarakat di Pandemi Covid-19 ini.

Wali kota mengapresiasi LPM Kota Tomohon di bawah pimpinan Dr Rooije RH Rumende SSi MKes yang telah menginisiasi kegiatan ini yang tujuannya untuk kebaikan semua pihak.

‘’Saya berharap LPM Tomohon terus menjadi percontohan di Sulawesi Utara karena keaktifannya dalam bermitra dengan pemerintah dan melaksanakan kegiatan untuk masyarakat. Bantuan bahan pokok untuk masyarakat terdampak Covid-19 beberapa waktu lalu juga tentunya menjadi nilai tambah bagi LPm Tomohon,’’ tukas Eman.

Webinar itu sendiri menjadi kegiatan sharing tentang penanganan Covid di daerah oain, karena saat dibnuka tanya jawab, langsung masuk penanya pertama yang justru berasal dari luar daerah, yakni Dr Merdi Hajiji SE MH MSi, Ketua LPM Kota Bandung Jawa Barat menyampaikan tentang bagaimana peran LPM di Kota Bandung yang turut bermintra dengan Pemerintah Kota bandung dalam menangani covid-19.

Di Kota Bandung, LPM sangat berperan menunjukkan kinerjanya bersama pemerintah dalam menangani Covid-19. ‘’Dalam melaksanakan peran LPM, kami melaksanakan aktivitas berdasarkan standar operasional prosedur pananganan Covid-19,’’ ungkap Merdy yang adalah Doktor Pemberdayaan Masyarakat alumi Universitas Indonesia.

Kepala Badan Kesbangpol Kota Tomohon Ronni Lumowa SSos MSi menyatakan salut kepada LPM Kota Tomohon yang telah menggagas Webinar ini.

‘’Topik Webinar ini sebenarnya adalah tugas pemerintah. Tapi kami bersyukur LPM Kota Tomohon menunjukkan eksistensinya sebagai mitra dan telah menunjukkan perannya membantu pemerintah melaksanakan kegiatan ini,’’ ujar Lumowa.

LPM Kota Tomohon di bawah pimpinan Dr Rooije RH Rumende SSi MKes sebagai ketua lanjutnya, sejak dilantik pada awal tahun 2018 hingga saat ini terus menunjukkan karya dalam pemberdayaan masyarakat.

Ketua LPM Kota Tomohon Dr Rooije RH Rumende SSoi MKes mengucapkan terima kasihnya kepada Pemerintah Kota Tomohon dan semua yang terlibat dan dukungannya dalam kegiatan tersebut.

‘’Kami terus siap bewrmitra dengan pemeirntah dalammelaksanakan kegiatan-kegiatan yang semunya untuk kepentingan masyarakat,’’ tukasnya. (ark)

Add Comment