Pilkada Serentak Digelar 9 Desember 2020, Wagub Kandouw: Sulut Sudah Siap

wagub kandouw
Wakil Gubernur Sulut Steven O.E. Kandouw, ketika diwawancarai wartawan.

SULUT, (manadotoday.co.id) – Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven O.E. Kandouw menyatakan, Provinsi Sulut siap untuk menggelar pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak, 9 Desember 2020.

Seperti diketahui, Wagub Kandouw mengikuti rapat lewat video comference bersama Mendagri, Menkopolhukam, KPU Pusat, dan Gubernur se-Indonesia, Jumat (5/6/2020).

“Sesuai arahan Menkopolhukam dan Mendagri, Pilkada dilaksanakan tanggal 9 Desember 2020. Kita di Sulut sudah siap. Anggaran pun kita sudah siap,” ujar Kandouw.

Terkait pelaksanaan Pilkada serentak nanti, dijelaskan Kandouw akan menerapkan protokol kesehatan baik social distancing, physical distancing, memakai masker, penyediaan hand sanitizer, sarung tangan maupun alat pengukur suhu badan dan bilik pencoblosan yang diatur baik di TPS.

Kandouw menambahkan, untuk kesiapan anggaran untuk Pilkada dikompilasi antara anggaran yang tidak terpakai seperti anggaran kegiatan pertemuan ataupun rakor dengan rekonsiliasi anggaran yang ada.

Sekedar informasi, terdapat 4 kabupaten dan 3 kota serta Provinsi di Sulut akan menyelenggarakan Pilkada Serentak pada 9 Desember 2020, yaitu Kabupaten Minahasa Utara, Minahasa Selatan, Boltim dan Bolsel, Kota Manado, Kota Bitung dan Kota Tomohon serta Pilgub. Tahapan Pilkada Serentak 2020 dimulai pada 15 Juni 2020. (ton)