Berencana Putus Kerja Sama Dengan BPJS, GSVL Ungkap Solusi Penggantinya

Berencana Putus Kerja Sama Dengan BPJS, Ini Solusi Penggantinya Menurut GSVL
Berencana Putus Kerja Sama Dengan BPJS, Ini Solusi Penggantinya Menurut GSVL

MANADO, (manadotoday.co.id) – Beberapa kabupaten dan kota di Indonesia telah memutuskan kerja sama dengan BPJS Kesehatan imbas naiknya iuran dari badan penjamin kesehatan nasional tersebut. Dan Pemkot Manado tampaknya juga akan mengambil langkah yang sama.

Wali Kota G.S Vicky Lumentut di sela-sela acara peletakan batu pertama pembangunan RSUD Kota Manado mengatakan, kerja sama dengan BPJS Kesehatan akan dihentikan dan diganti dengan pola lama yaitu Universal Health Coverage (UC).

“Tapi belum sekarang, nanti setelah RSUD Kota Manado selesai dibangun dan dimanfaatkan,”jelas wali kota, Jumat (14/2/2020).

Ia menambahkan, rencana tersebut nantinya akan diusulkan langsung ke Kementerian Kesehatan.

“Setelah ini (RSUD) selesai, belum sekarang, kalau sudah selesai kita akan kembali ke Universal Health Coverage,”tukas Wali Kota G.S Vicky Lumentut.

Sekadar informasi, Universal Coverage (UC) merupakan program Pemkot Manado yang memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat. Namun, dikarenakan kebijakan pemerintah pusat agar program kesehatan di daerah diintegrasikan kedalam program Jaminan Kesehatan Nasional/Kartu Indonesia Sehat (JKN/KIS), maka program tersebut dihentikan.(ryan)

Add Comment