Lomban Dampingi Tim Penilai P4K

Lomban Dampingi Tim Penilai P4KBITUNG, (manadotoday.co.id) – Walikota Bitung Max J Lomban SE MSi, bersama Ketua TP-PKK Kota Bitung Dra Khouni Lomban-Rawung, mendampingi Tim Penilaian Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) Dinas Kesehatan Provinsi Sulut, saat melakukan penilaian di Puskesmas Sagerat Kelurahan Tanjung Merah, Kecamatan Matuari, Selasa (26/11/2019).

Pada kesempatan itu Lomban mengapresiasi Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara melalui Tim Penilai P4K yang boleh datang langsung melihat Puskesmas yang ada di Bitung.

Lomban mengatakan, berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung bersama-sama dengan masyarakat, untuk menurunkan sekaligus mencegah terjadinya kasus kematian ibu melahirkan.

“Perhatian yang dilakukan oleh pemerintah kota sebagai pelayanan kepada masyarakat tersebut dimulai dari janin yang masih ada dalam kandungan, hingga tiba pada masa persalinan bahkan, upaya terus menerus untuk mengoptimalkan pelayanan kesehatan terutama program P4K,” tutur Lomban.

Lanjutnya, banyak aspek yang harus diperhatikan untuk menurunkan angka kematian ibu, karena kematian ibu merupakan masalah yang kompleks dan memiliki sebab secara langsung dan tidak langsung.

Oleh karena itu tindak lanjut secara nyata terkait kendala dan penyebab dari kematian ibu yang dihadapi dalam pelayanan kesehatan sangat diperlukan guna tercapainya kesehatan dan kesejahtraan masyarakat, khususnya dalam menurunkan angka kematian dan kesakitan.

“Diantaranya dengan meningkatkan edukasi terkait kesehatan reproduksi tentang risiko kehamilan dan persalinan harus lebih ditingkatkan melalui penyuluhan kesehatan,” jelasnya.

Lomban berharap, melalui pelaksanaan P4K ini benar-benar dapat menurunkan bahkan meniadakan angka kematian ibu dan bayi baru lahir di Kota Bitung. Bahkan juga adanya peningkatan akses dan mutu pelayanan, pertolongan persalinan, pencegahan komplikasi dan keluarga berencana, serta peningkatan kinerja pelayanan kesehatan dalam hal ini Bidan yang bekerjasama dengan pihak-pihak terkait.

Turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Kota Bitung Dr Frangki Soriton bersama jajaran Pemkot Bitung.(kys)

Add Comment