Festival Budaya Ratatotok Tak Libatkan Disparbud, Ini Penjelasan Camat Ratatotok

Tak Libatkan Disparbud Festifal Budaya Ratatotok, Camat WulurRATAHAN, (manadotoday.­co.id) – Festival Budaya Ratatotok yang dilaksanakan di Pantai Lakban yang baru saja dibuka kemarin ternyata tidak melibatkan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Minahasa Tenggara (Mitra).

Menurut Kepala Disparbud Kabupaten Mitra Sartje Taogan, Festival Budaya Ratatotok tidak melibatkan Disparbud Mitra.

“Kalaupun camat jeli, camat bisa bilang ke panitia lokal, kegiatan ini ada kebudayaan coba kita konfirmasi ke Dinas Disparbud Mitra. Tetapi ini tidak sama sekali, “tegas Taogan, Rabu (20/11/2019) kepada sejumlah media.

“Saya hadir dalam Festival Budaya Ratatotok sendiri hanya, hanya sebagai undangan. Saya juga ingin hadir kemarin, dikarenakan hanya ingin melihat kalau ada atraksi seperti permainan tradisional, tetapi ini tidak ada sama sekali,”tambahnya.

Ia pun menuturkan, sebenarnya camat dan panitia lokal bisa mengundang para camat se- Kabupaten Mitra sebagai dasar untuk membuat festival.

“Namun saya melihat kegiatan tersebut hanya monoton memperingati Hari Ulang Tahun Kecamatan Ratatotok. Sedangkan untuk Tarian Kabasaran sendiri, mereka hanya sewa dari Tondano. Namun sangat disayangkan sekali, baju kabasaran yang dipakai Camat itu milik Disparbud,” tutupnya.

Saat dikonfirmasi hal tersebut kepada Camat Ratatotok Nortje Wulur, ia mengatakan, acara tersebut hanya tingkat desa yang di Kecamatan Ratatotok.

“Tidak salahkan, kalau Kecamatan mengambil nama Festival Kebudayaan. Kebudayaan yang dimaksud disini, semua Budaya yang ada di Kecamatan Ratatotok. Tapi saya sangat bersyukur kalau kegiatan kami ini sangat berpengaruh besar sampai keluar dari Kecamatan,”tegasnya via Whatsapp,

Ia pun membantah kalau dikatakan Kadis Disparbud Mitra tidak memberitahukan kegiatan tersebut.

“Kami sudah berikan pemberitahuan ke Disparbud Mitra sejak bulan September. Kedepan jika Festival Budaya Ratatotok akan dilaksanakan, dipastikan akan mengundang Disparbud Mitra,” singkatnya. (ten)