DLH Mitra Gelar Lomba Kreasi Daur Ulang Sampah Jadi Gaun Menarik

received_2537608376286226RATAHAN, (manadotoday.co.id) – Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melakukan terobosan dengan menggelar lomba kreasi daur ulang sampah plastik dan koran bekas menjadi gaun yang indah.

Lomba ini digelar di Plaza Ratahan dan diikuti oleh sejumlah sekolah mulai dari tingkatan SD, SMP dan SMA yang ada di Ratahan Timur. Tampil dengan bahan daur ulang, para siswa siswi justru tampil menawan.

Kepala DLH Mitra, Mochtar Wantasen mengungkapkan, kegiatan ini merupakan sinergitas program nasional dan daerah terkait pengurangan dan penanganan sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga.

“Kita tahu bersama bahwa target nasional itu tahun 2025 Indonesia bebas sampah plastik. Nah mewujudkan hal tersebut tentu dimulai dari daerah yang secara terintegrasi lewat kebijakan strategis nasional dan daerah. Kita kemudian menggelar lomba kreatif sebagai bentuk implementasi dukungan atas kebijakan program tersebut,” terang Wantasen didampingi Kepala Bidang Persampahan, Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, Dedi Siwi, Kamis (23/10/19).

Menurut dia, lomba ini diikuti oleh puluhan siswa-siswi dengan kategori siswa SD dan kategori SMP-SMA.

“Ini sekaligus bagaimana memberikan edukasi bagi masyarakat bahwa ternyata sampah plastik bisa didaur ulang menjadi bahan yang bermanfaat,” terangnya.

Dia menambahkan, tim juri yang dihadirkan dalam lomba adalah Direktur Bank Sampah dari Kabupaten Jombang yang merupakan warga Minahasa Tenggara.

“Kami berencana juga kedepan iven seperti ini akan kita gelar lebih besar sehingga bisa melahirkan manfaat besar terhadap kesadaran untuk mengurangi polusi lingkungan akibat sampah plastik,” pungkasnya. (ten)