Bupati Minahasa: Tahun Ini, Festival Danau Tondano Dibuat Sederhana

minahasaTONDANO, (manadotoday.co.id) – Bupati Minahasa Ir Royke O Roring M.Si, menegaskan pelaksanaan Festival Danau Tondano tahun 2019 akan digelar sederhana. “Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini akan dilaksanakan sesederhana mungkin , ” tegas Roring, akhir pekan lalu.

Alasan mendasar mengapa Festival Danau Tondano tahun 2019 di gelar sederhana adalah masih banyaknya eceng gondok yang menghias Danau Tondano. Festival Danau Tondano biasanya di gelar berbarengan dengan penyelenggaraan HUT Minahasa akhir Oktober hingga awal Oktober setiap tahunnya.

“Sulit kita bayangkan jika kita menggelar festival ini, sementara enceng gondok masih banyak menghiasi Danau Tondano. Sudah barang tentu sangat menganggu pandangan mata terutama tamu dari luar Minahasa, sehingga menimbulkan kesan yang kurang baik,” ujar Bupati.

Pembasmian enceng gondok menjadi prioritas pemerintah saat ini, bukan hanya pemerintah kabupaten Minahasa atau Provinsi Sulut tapi juga menjadi tanggung-jawab pemerintah pusat, sebab Danau Tondano merupakan salah dari sekian danau di Indonesia yang kini menjadi perhatian pemerintah pusat dalam pengelolaan dan perawatan.
“Mudah-mudahan tahun depan Festival Danau Tondano bisa di gelar lebih meriah dari sebelumnya. Saat ini perhatian pemerintah lebih pada penanggulangan eceng gondok ,” tegas Bupati.(rom)

Add Comment